MJL007 Hacker Situs Presiden SBY Divonis 6 Bulan Penjara

Wildan Yani Ashari alias MJL007

Wildan Yani Ashari alias MJL007

Jember (Sergap) – Akhirnya Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jember memvonis terdakwa, Wildan Yani Ashari (20) peretas (hacker) situs resmi Presiden Susilo Bambang Yudoyono dengan hukuman 6 bulan penjara. Vonis yang dijatuhkan terhadap pemuda jebolan Sekolah Menengah Kejuruan ini lebih ringan 4 bulan penjara dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakni 10 bulan penjara.

“Menyatakan bahwa terdakwa Wildan Yani Ashari alias Yayan alias MJL 007, telah terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana dengan sengaja tanpa hak dan melawan hukum, memasuki akses sistem elektronik milik orang lain dengan cara apapun,” kata Hakim Ketua Majelis PN Jember Syahrul Mahmud SH, Rabu (19/6/2013). Majelis hakim juga menjatuhkan denda sebesar Rp 250 ribu subsider 15 hari penjara serta membebankan biaya perkara kepada terdakwa sebesar Rp. 5 ribu

Majelis hakim berpendapat bahwa Wildan telah terbukti melanggar Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Namun ada sejumlah hal yang meringankan yang menjadi pertimbangan majelis hakim. Diantaranya, Wildan tidak pernah dihukum, dan usia Wildan yang masih muda.

“Terdakwa juga mengakui semua kesalahannya, dan kemampuan terdakwa dalam elektronik dan informatika, juga merupakan potensi yang bisa dikembangkan ke arah yang positif,” tambah Syahrul.

Dengan vonis tersebut, Wildan hanya tinggal menjalani masa tahanan selama 5 bulan. Sebab sesuai keputusan majelis hakim, vonis penjara yag diterima Wildan dikurangi masa tahanan pemuda itu selama menjalani proses hukum. Wildan sendiri ditahan sejak tanggal 26 Januari 2013 lalu.

Menanggapi vonis tersebut, Wildan menyatakan menerimanya. Dia mengaku tidak akan melakukan banding. Bahkan pemuda itu berterima kasih karena harapannya mendapat keringanan hukuman sudah terkabul. “Saya terima dan akan saya jalani,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Wildan ditangkap tim Cyber Crime Mabes Polri pada tanggal 25 Januari 2013 sekitar pukul 18.00 WIB, karena meretas situs Presiden SBY. Wildan ditangkap di tempat kerjanya di warnet CV Surya Infotama di Jl. Letjend Suprapto. (mk)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s