Moch. Anton-Sutiaji Unggul Hitung Cepat Pemilukada Kota Malang

Jumpa pers LSI hasil Quick Count Pilkada Kota Malang

Jumpa pers LSI hasil Quick Count Pilkada Kota Malang

Malang (Sergap) – Hasil hitung cepat (quick count) pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Kota Malang, Jawa Timur, yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI), pasangan Muhammad Anton-Sutiaji (AJI) yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra meraih 48,15 persen suara.

Manajer Riset LSI Setia Darma dalam  konferensi pers di Hotel Santika, Kota Malang, Kamis (23/5/2013) pada pukul 16.16 WIB, mengatakan, jumlah sampel yang diambil sebanyak 223 TPS. “Sampelnya proporsional, tergantung banyaknya pemilih di masing-masing kelurahan. Adapun margin of error-nya, 1 persen,” jelasnya.

Pemilukada  Kota Malang diikuti enam pasangan yang memperebutkan 612.565 suara. “Hasil quick count LSI, untuk pasangan nomor urut 1, yakni Dwi Cahyono-M Uddin, mendapat 5,69 persen suara, pasangan Sri Rahayu-Priyatmoko Oetomo meraih 21,61 persen, pasangan Heri Pudji Utami (Dadi) meraih 18,14 persen suara, pasangan Mujais-Yunar Mulya (Raja) mendapatkan 2,44 persen suara, pasangan Agus Dono-Arif HS (Doa) meraih 3.97 persen suara. “Dan untuk pasangan AJI, meraih 48,15 persen suara,” kata Setia Darma.

Dari hitung cepat tersebut, hasil yang bisa berubah kemungkinan pada pasangan Mujais-Yunar Mulya dari calon independen, Agus Dono-Arif HS, dan Dwi Cahyono-M Uddin. “Hal itu melihat margin of error-nya,” katanya menjelaskan.

Setia menjelaskan bahwa tingkat partisipasi pemilih sebanyak 62,81 persen dari 612.565 pemilih. “Adapun data yang masuk sampai pukul 15.25 WIB sebanyak 99.10 persen,” ungkap Setia seraya menambahkan bahwa pasangan AJI diketahui unggul di semua kecamatan di seluruh Kota Malang

Pada kesempatan yang sama, Direktur Strategi LSI Agus Tinus Budi Praseyo mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan sebelumnya, pasangan AJI unggul karena warga Kota Malang belum bersedia dipimpin seorang perempuan. “Tapi, menginginkan pemimpin laki-laki,” katanya.

Selain itu, hawa perubahan yang diusung pasangan AJI masih diharapkan warga Kota Malang. “Dan tingkat popularitas, Abah Anton mengungguli calon lain. Terakhir pada tingkat pengenalan cukup unggul dan warga juga menyukai karena Abah Anton banyak bukti,” katanya. (en)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s