Situs Patirtan Zaman Jenggala Ditemukan di Madiun

Diperkiran dibangun di era Kerajaan Jenggala

Diperkiran dibangun di era Kerajaan Jenggala

Madiun (Sergap) – Sebuah situs sejarah berupa patirtan (tempat pemandian) yang diperkirakan berumur 700 tahun ditemukan di Desa Dolopo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun.

Situs tersebut ditemukan oleh Darno, salah satu warga setempat saat menggali tanah liat sebagai bahan baku pembuat batu bata di pekarangan belakang rumahnya. Situs tersebut ditemukan terkubur sedalam kurang lebih dua meter.

Setelah digali lebih dalam lagi, ia dan warga desa lainnya yang membantu penggalian, menemukan sebuah arca pada kedalaman sekitar dua meteran. Ia akhirnya melaporkan temuannya tersebut ke kantor desa dan tokoh masyarakat setempat.
“Saat saya menggali tanah, cangkul saya menghantam batu bata. Dan ternyata batu bata tersebut ukurannya tiga kali lipat lebih lebar di banding bata sekarang,” ujarnya, Senin (20/5/2013).

Anto Purba, seorang pemerhati budaya mengatakan, bangunan dari batu bata tersebut diduga sebuah bangunan candi dari zaman Kerajaan Jenggala yang wilayahnya mencapai Madiun sebelum zaman kerajaan Majapahit.

“Jika dilihat dari bentu batu batanya yang lebar dan adanya kendi dengan leher yang panjang, situs ini merupakan tempat mandi atau patirtan dari zaman Kerajaan Jenggala pada masa sekitar 700 tahun yang lalu,” katanya.

Namun untuk lebih pastinya, akan dilaporkan penemuan ini kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Mojokerto dan Pemkab Madiun. Anto berharap agar instansi terkait melakukan peninjauan atas temuan sisa bangunan yang diduga bersejarah tersebut. Sehingga, jika ternyata benar merupakan peninggalan bersejarah, maka aset tersebut tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab yang hanya mencari keuntungan semata.

Anto Purba juga menambahkan, bahwa sebelumnya di wilayah Dolopo juga pernah ditemukan Yoni dan Lumpang. (hs)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s