Buah Impor Distop, Petani Apel Tersenyum Lebar

Petani Apel Kota Batu

Petani Apel Kota Batu

Batu (Sergap) – Pada bulan Desember 2012 sampai dengan Januari 2013 yang lalu, harga apel Batu yang biasanya berkisar pada harga Rp 4.000 per kilogram, pada bulan Februari naik Rp 6.000, dan pada April menjadi Rp 10.000. hal ini disebabkan kebijakan pemerintah yang menghentikan impor buah.

“Petani cukup bersyukur pemerintah menghentikan impor buah. Ini pesta bagi petani apel,” kata Sunaryo, petani apel Bumiaji Kota Batu, Senin (20/5/2013). Keceriaan tampak di wajah para petani apel di Kota Batu. Merekapun beramai-ramai membeli sepeda motor baru.

Sejak terjadi kenaikan, katanya, petani apel meraup keuntungan bisa dua kali lipat. Misalnya, saat ini, harga apel kualitas super jenis Ana dan Manalagi dari petani mencapai harga Rp 13.000, sedangkan jenis Rome Beauty harganya Rp 17.500 per kilogram.

Petani berharap, harga apel Batu tersebut terus bertahan agar petani memiliki posisi tawar tinggi dengan para tengkulak. “Saat ini, petani menolak tengkulak yang bakal membeli Apel Rome Beauty seharga Rp 16.500,” kata Sunaryo.

Menurut Sunaryo, biaya produksi setiap hektarnya sebesar Rp 25 juta. Sedangkan produksi mencapai 25 ton per hektar. Saat harga apel Rp 4.000, petani banyak yang terlilit utang untuk modal. “Sekarang petani serentak beli sepeda motor baru,” kata Sunaryo sambil tersenyum lebar.

Kepala Dinas Pertanian Kota Batu, Sugeng Pramono mengatakan produktivitas tanaman apel di Batu mulai membaik karena harga naik. “Pemerintah Kota Batu sudah menyediakan anggaran peremajaan tanaman serta dana sebesar Rp 400 juta untuk membeli pupuk. Lahan tanaman apel harus diperbaiki dan petani dianjurkan lebih baik menggunakan pupuk organik,” kata Sugeng berharap. (en)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s