Sumantri-Samsi Menangi Pemilukada Magetan

Pasangan Sumantri-Samsi

Pasangan Sumantri-Samsi

Magetan (Sergap) – Pasangan incumbent Sumantri-Samsi (SMS) memperoleh suara terbanyak versi quick count dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Magetan 2013. Pasangan yang diusung PDIP ini unggul telak dibandingkan dua pasangan lainnya.

Hasil hitung cepat dari Lembaga Proximity, pasangan incumben Sumantri-Samsi berhasil mempertahankan kursi kepemimpinannya. Pasangan nomor urut 1 itu, berhasil menyingkirkan dua kompetitornya dengan perolehan suara 59,81 persen suara. Sedangkan pasangan independen dengan nomor urut 2, Nanik Karsini-Sugiho Pramono memperoleh 29,16 persen suara dan pasangan nomor urut 3, Djoko Prabowo-Hartoto memperoleh 11,03 persen suara.

Direktur Sosial Politik Proximity, Ahmad Hasan Ubaid mengatakan bahwa perolehan suara diambil dari jumlah sampel suara yang masuk di 150 TPS yang tersebar di 142 kelurahan, 18 kecamatan se-Kabupaten Magetan, dengan jumlah suara yang masuk sekitar 40.555 suara dan tingkat partisipasi pemilih 67,87 persen.

“Jumlah itu yang kami jadikan sebagai sampel dengan metodologi multi stage randomsampling. Jumlah TPS di Kabupaten Magetan, sebanyak 1.381 TPS dengan jumlah DPT sebanyak 553.724 pemilih. Sedangkan jumlah TPS tersampel adalah 150 TPS dengan jumlah suara yang masuk sekitar 40.555 suara,” terang Hasan Selasa (24/4/2013).

Dijelaskan oleh Hasan, pasangan incumbent Sumantri-Samsi selain memiliki kekuatan partai dan soliditas kader yang sangat kuat, pasangan nomor urut satu ini sering turun ke bawah. Sehingga langsung menyentuh masyarakat pemilih. Kekuatan di akar rumput sangat kuat.

Sedangkan untuk pasangan nomor urut 2 yang maju melalui jalur perseorangan, menurut dia kurang memiliki kekuatan yang cukup signifikan di kalangan akar rumput. “Pun begitu dengan pasangan urut 3 yang diusung Partai Demokrat, PAN dan Patriot, kurang dikenal di arus bawah. Sosialisasi ke masyarakatpun sangat kurang, berbeda dengan pasangan incumben,” ungkap dia.

Menurut pantauan Proximity, beberapa Parpol besar seperti PKB, Golkar, PKS dan beberapa partai lain tidak berpartisipasi. “Secara institusi, PKB, Golkar dan PKS, mendukung pasangan nomor urut satu. Tapi kami tidak melihat ada dukungan lain dari partai politik, baik memasang calonnya sendiri maupun mendukung pasangan calon yang sudah ada,” tandas Hasan. (hs/ang)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s