Polda Jatim Tidak Main-Main Tangani Kasus Jembatan Brawijaya

Kombes Pol Hilman Thayib

Kombes Pol Hilman Thayib

Surabaya (Sergap) Terkait dengan pengambilalihan kasus dugaan korupsi proyek Jembatan Brawijaya Kota Kediri, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Hilman Thayib membenarkan hal itu.  “Kasus itu telah diambilalih penyidikannya oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda. Dan hari ini dilakukan gelar perkara berkaitan dengan kasus tersebut,” katanya kepada wartawan hari Senin siang (8/4/2012).

Sementara itu, Kepala Subbidang Penerangan Masyarakat Bidang Humas Polda Jatim, AKP Suhartoyo, juga menambahkan, gelar perkara dilakukan untuk menentukan para tersangka. Meskipun Polresta Kediri sudah menetapkan tiga tersangka, Polda Jatim masih akan mendalami kembali kasus tersebut, termasuk menelusuri keterlibatan Wali Kota Kediri Samsul Ashar. Dari pendalaman tersebut tidak tertutup kemungkinan jumlah tersangka terus bertambah. ”Intinya, hasil penyidikan Polresta Kediri perlu diperdalam,” ujarnya.

Adapun tiga tersangka yang telah ditetapkan oleh Polresta Kediri adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kasenan, Ketua Panitia Lelang Wijanto, dan seorang pengusaha yang masih kerabat walikota bernama Fajar Poerna Wijaya.

Suhartoyo juga menampik kabar bahwa pengambilalihan disebabkan ketidakmampuan Polresta Kediri. Menurut Suhartoyo, alasan pengambilalihan karena kasus tersebut dikarenakan perkara jenis ini masuk dalam ranah Polda.

Penanganan lebih lanjut terhadap kasus tersebut sangat tergantung hasil gelar perkara yang dilakukan hari ini. Jika harus dilanjutkan penyidikannya, Direktorat Reserse Kriminal Khusus akan melakukannya. Kemudian mereka meminta Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) melakukan audit untuk menentukan jumlah kerugian negara. Sebaliknya, bila hasil gelar perkara menyebutkan tidak dapat dilanjutkan penyidikannya, penyidikannya akan ditangguhkan atau dihentikan.

Itu sebabnya Suhartoyo menampik kekhawatiran para aktivis antikorupsi, mahasiswa, serta masyarakat Kediri bahwa penangangan kasus tersebut oleh Polda akan berhenti. Suhartoyo juga menjamin bahwa penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim tidak akan main-main. “Ya, disurung (didorong) kalau mandek,” ia berseloroh.

Konstruksi jembatan membahayakan

Konstruksi jembatan tidak kokoh dan membahayakan

Konstruksi jembatan tidak kokoh dan membahayakan

Sebelumnya, Kasubbag Humas Polresta Kediri, AKP Surono juga mengatakan, bahwa pengambilalihan kasus tersebut merupakan wewenang Polda. Selain nilai kerugian negara sangat besar, juga karena masih membutuhkan keterangan banyak pihak, termasuk tim ahli dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Penyidik Polresta Kediri sudah meminta keterangan tim ITS yang memberikan kesimpulan bahwa konstruksi jembatan tersebut tidak kokoh dan membahayakan manusia. “Kita semua berharap hasil penyidikan oleh Polda bisa sejalan dengan tuntutan masyarakat,” ucap Surono.

Sebelumnya, aktivis antikorupsi, mahasiswa, dan masyarakat Kediri memprotes pengambilalihan penyidikan kasus tersebut oleh Polda Jatim. Sebab, penyidikan Polresta Kediri telah menunjukkan hasil kerja yang bagus. Dalam waktu yang singkat mereka sudah bisa menetapkan tiga orang tersangka.

Polresta Kediri juga sedang menelusuri aliran dana kepada Wali Kota Samsul Ashar.. Namun, penyidikan terus tertunda karena Samsul dua kali mangkir memenuhi panggilan untuk diperiksa. Pada saat seperti itulah justru Polda mengambil alih kasus tersebut. (ang/tkr)

Berita terkait : Gara-Gara Tidak Ditahan, Kasenan Cs Mengulangi Perbuatannya. Apa Kata Kejaksaan Negeri Kota Kediri? – Polda Jatim Dukung Penuh Penuntasan BAP Kasus Jembatan Brawijaya Kediri– Walikota Kediri Mengeluh Sakit, Polisi Hentikan Pemeriksaan   –  Ketua DPRD Diperiksa dan Walikota Kediri Segera Menyusul  –  Terkait Dugaan Korupsi Jembatan Brawijaya, 4 Anggota DPRD Kota Kediri Diperiksa Polisi  –  Kasenan, Tersangka Dua Kasus Korupsi  –  Dugaan Korupsi Jembatan Brawijaya, MOU Muncul Tiba-Tiba

One thought on “Polda Jatim Tidak Main-Main Tangani Kasus Jembatan Brawijaya

  1. Ping-balik: Nur Muhyar Terima Setengah Milyar dari Proyek Jembatan Brawijaya? | TABLOID SERGAP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s