Dianggap Hanya Merugikan Rakyat, Aliansi Rakyat Surabaya Tolak APEC

demo apec

Demonstran meminta Indonesia keluar dari APEC

Surabaya (Sergap) – Masyarakat dan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Surabaya melakukan demo menolak pertemuan negara-negara dalam forum Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2013, yang bakal digelar di Kota Surabaya.

Mereka menganggap APEC hanya merugikan rakyat dan hanya menguntungkan para pemilik modal/kapitalis. “APEC hanya merugikan rakyat dan tidak sedikit pun memberikan keuntungan bagi rakyat. Kami menolak itu. Kami tidak ingin rakyat hanya jadi penonton, hanya jadi korban saja. Karena tidak menguntungkan bagi rakyat, kami tolak!!,” ujar Antok koordinator aksi dalam orasinya, Sabtu (6/4/2013).

“Jika pemerintah memaksakan diri untuk menjadi anggota APEC dan tetap menyelenggarakan kegiatan-kegiatan APEC di Indonesia, seperti di Kota Surabaya misalnya, itu akan merugikan rakyat. Dan kami menolak itu, serta mengajak masyarakat untuk menentang hal itu,” tegas Antok lagi.

Ia mencontohkan, kebijakan impor buah, sayur, daging, beras maupun garam dan kebutuhan pokok lainnya, mengakibatkan harga melonjak. “Kebijakan investasi asing yang cenderung merugikan kebutuhan rakyat, menjadikan Indonesia secara politik belum berdaulat. Karena itu, kita juga menolak penyelenggaraan APEC di Indonesia,” jelasnya.

Sambil membawa bendera masing-masing kelompok dan organisasi diantaranya LMND, GMNI, PPR, Forum Kalimas, dan Kontras.

Polisi yang menjaga aksi demo tergolong cukup banyak, jika dibandingkan dengan jumlah pendemo yang tidak mencapai 100 orang itu. Mereka dilengkapi dengan pentungan serta senjata laras panjang, sehingga penjagaan aksi di depan Hotel JW Marriott terasa lebih ketat daripada demo-demo lainnya. Mungkin karena pertemuan APEC yang akan digelar di JW Marriott jalan Embong Malang ini berskala internasional. (ang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s