Anggotanya Diancam, Kapolres Kepulauan Selayar Langsung Turun Tangan

Kapolres  AKBP Moh. Hidayat, SH, SIK, MH di TKP

Kapolres AKBP Moh. Hidayat, SH, SIK, MH di tempat anggotanya diancam  (TKP)

Kepulauan Selayar, Sulsel (Sergap) – Tindakan tegas jajaran Polres Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan (Sulsel) memberantas tindak kejahatan, utamanya penyalahgunaan narkoba dan illegal fishing, rupanya telah membuat pihak-pihak tertentu kebakaran jenggot.

Hal ini mereka wujudkan dalam sebuah ancaman kepada anggota Polres Kepulauan Selayar. Dengan cepat, Kapolres  AKBP Moh. Hidayat, SH, SIK, MH memimpin langsung gerakan identifikasi pengancaman tersebut dengan mendatangi TKP di rumah tempat tinggal anggota polisi itu di jalan Saparuddin, Benteng Selayar pada hari, Sabtu (6/4/2013) malam.

Kapolres juga memerintahkan unit Propam, Reserse dan Sabhara untuk menjaga rumah korban pengancaman. Ditegaskan oleh Kapolres, bahwa setiap orang atau warga negara yang mengetahui dan melihat kejadian tindak pidana kejahatan wajib untuk melapor kepada pihak berwajib. “Terlebih lagi jika ia seorang anggota korps Bhayangkara (anggota polisi,red)”, katanya menegaskan.

Kapolres Kepulauan Selayar juga berharap semua komponen masyarakat mendukung penuh tugas aparat kepolisian untuk melindungi dan mengayomi, termasuk melaksanakan penindakan tindak pidana kejahatan di lapangan yang dapat memicu terjadinya keresahan di tengah-tengah warga masyarakat.

“Melakukan penangkapan dan penindakan pelaku tindak pidana kejahatan mutlak menjadi tugas pokok seorang anggota Bhayangkara sejati. Demikian  pula halnya, bagi setiap warga negara lainnya”, jelasnya.

Kapolres menitipkan harapan agar warga masyarakat tidak menakut-nakuti atau mengancam anggota korps Bhayangkara yang sedang melaksanakan tugas. “Siapapun orang yang terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana pengancaman atau menakut-nakuti anggota kepolisian, maka yang bersangkutan akan langsung dikenakan sanksi penahanan”, tegasnya.

Ditambahkannya bahwa, pelaku pengancaman akan dijerat dengan pasal 335 ayat (1) angka 1 yang bunyinya,  “Barang siapa secara melawan hukum memaksa orang lain supaya melakukan atau membiarkan sesuatu dengan memakai kekerasan, suatu perbuatan lain ataupun perbuatan tidak menyenangkan, atau dengan memakai ancaman kekerasan, sesuatu perbuatan lain maupun perlakuan yang tidak menyenangkan, baik terhadap orang itu sendiri maupun orang lain diancam pidana penjara paling lama satu tahun”.

“Negara tidak akan pernah takut pada ancaman dari siapapun, khususnya jaringan pengedar narkoba. Tugas menindak dan menangkap pelaku tindak pidana kejahatan sudah merupakan konsekuensi dan resiko tugas bagi seorang polisi. Dan masyarakat wajib mematuhi hukum dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku”, kata Kapolres kepada wartawan di sela-sela olah TKP. (kontributor : fadly syarif)

NARKOBA MUSUH KITA BERSAMA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s