Polda Kalteng Siap Amankan Pemilukada

Brigjend Pol Bachtiar Hasanudin Tambunan

Brigjend Pol Bachtiar Hasanudin Tambunan

Palangka Raya (Sergap) – Tingkat kriminalitas di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) cenderung mengalami peningkatan, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Demikian diungkapkan oleh Kapolda Kalteng Brigjend Pol Bachtiar Hasanudin Tambunan, Jumat (22/3/2013).

“Konflik pertanahan yang banyak terjadi di wilayah setempat sering disertai aksi kekerasan dan terror. Untuk mengantisipasi hal tersebut, saya meminta agar aparat kepolisian di lingkungan Polda Kalteng tidak kabur atau menghindar dari berbagai permasalahan yang sedang maupun akan dihadapi.     Aparatur penegak hukum tidak perlu menghindar, untuk memberikan rasa aman masyarakat dengan memberikan kepastian hukum,” katanya saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan HUT Polda Kalteng ke 38.

Meningkatnya kriminalitas di Kalteng, juga rawan ditumpangi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, sebab di tahun 2013 ada 9 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Kalteng akan diadakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada).

Pihaknya juga mengingatkan agar seluruh aparat kepolisian di wilayah Polda Kalteng mengelola dan mengatasi berbagai permasalah sosial, gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat (Kamtibmas) serta tindakan kekerasan lainnya dengan mengutamakan pencegahan. “Aparat terkait dan tokoh masyarakat, diajak sensitif terhadap isu yang berkembang dan peka terhadap permasalahan di lingkungannya, dan jangan lupa terus menerus menjalin komunikasi,” ucap Bachtiar.

Apabila pencegahan telah dilakukan namun tetap terjadi kriminalitas, maka aparat di seluruh wilayah Polda Kalteng wajib melakukan penindakan hukum secara professional dan proporsional, tegas, santun dan tuntas.

Mengenai proses Pemilukada di Bumi Pancasila itu, Kapolda Kalteng mengajak agar aparat melaksanakan tugas dan kewajiban pengamanan ini dengan sebaik-baiknya. “Jangan merasa tugas ini menjadi beban, tetapi sebagai amanah yang harus kita laksanakan,” ujarnya.

Dirinya pun berharap agar seluruh aparat Polda Kalteng dapat mensukseskan Pilkada di Kalteng dengan pengamanan secara maksimal dan membantu polres jajaran yang melaksanakan pengamanan pilkada. “Kami persiapkan sepertiga kekuatan dari Polda dan Polres terdekat untuk memback-up apabila sewaktu-waktu di perlukan,” kata Kapolda menegaskan. (ar/mul)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s