Hasil Unas 2013, Untuk Pertimbangan Masuk PTN Tanpa Tes

UN 2013Surabaya (Sergap) – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tinggal 2 bulan lagi. Berbagai elemen pendidikan mulai bersiap diri. Sebab selain menggunakan sistem baru yang menggunakan 20 paket soal berbeda UN di Jatim juga diikuti peserta cukup banyak, yakni mencapai 1,6 juta siswa.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi jumlah siswa dari 38 kabupaten dan kota di Jatim. “Tahun ini peserta Ujian Nasional di Jatim akan meningkat tajam dari tahun lalu sekitar 1,5 juta siswa,” terang Kepala Dinas Pendidikan Jatim DR. Harun, MSi, MM.

Rata-rata, setiap jenjang pendidikan jumlah siswa peserta UN mencapai puluhan ribu anak.  Misalnya untuk jenjang SMK saja peningkatan jumlah siswa kelas XII mencapai 11.000-an. Belum lagi siswa SMA/MA, SMP/MTs, dan SD/MI. Bahkan bisa jadi lebih dari 1,6 juta. Tahun ini, pelaksanaan UN digelar serentak bersama SLB juga pendidikan penyetaraan (ujian Paket).  “Peserta bertambah karena banyak pula berdiri sekolah-sekolah baru,” terang Harun.

Dinas Pendidikan Jawa Timur selaku penanggung jawab pelaksanaan UN, saat ini sedang menyempurnakan daftar nominasi tetap (DNT).  Daftar ini sebagai patokan jumlah peserta Unas. Data yang masuk di Dinas Pendidikan baru daftar nominasi sementara (DNS). Angkanya sudah mendekati 1,5 juta peserta.

UN tahun 2013 ini sangat jauh berbeda dibanding sebelumnya. Untuk kali pertama setiap peserta ujian kelulusan tahun ini mengerjakan soal yang berbeda. Satu ruang ujian yang tersiri dari 20 siswa diberikan 20 variasi soal.Sistem 20 paket soal inilah pembeda utama Unas yang digelar mulai minggu terakhir April tersebut. “Silakan sekolah, guru, dan siswa mempersiapkan diri dengan baik. Tidak hanya untuk penentu kelulusan, hasil Unas tahun ini juga untuk pertimbangan masuk PTN jalur tanpa tes,” kata Kepala Dinas Pendidikan Jatim Harun, sebulan yang lalu. (ang)

Klik di bawah ini untuk mengunduh JADWAL LENGKAP UJIAN NASIONAL DI JAWA TIMUR :

Jadwal Ujian Nasional Jawa Timur 2013

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s