Menteri Kesehatan, Sarana Pelayanan Kesehatan di Kalteng Sudah Bagus

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi

Kuala Kapuas, Kalteng, (Sergap) – Rombongan Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi didampingi Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustin Teras Narang melakukan kunjungan kerja untuk melihat dari dekat sarana dan pelayanan kesehatan di Puskesmas Kalampangan Kecamatan Sebangau Kota Palangka Raya, Puskesdes Desa Mintin Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau serta RSUD dr. Soemarno Sostroadmojo Kuala Kapuas yang diresmikan oleh Menteri Kesehatan RI Adhyatma pada 6 Februari 1993.

Menkes Nafsiah Mboi menilai sarana dan pelayanan kesehatan di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dinilai sudah bagus. “Pada umumnya petugas kesehatan yang ada di Puskesmas, Puskesdes maupun di RSUD sudah cukup bagus,” kata Nafsiah Mboi di Kuala Kapuas, Selasa (26/02/2013).

Menanggapi keinginan dari Pemerintah Kabupaten Kapuas untuk penambahan tenaga dokter spesialis, Mboi mengatakan jumlah tenaga dokter spesialis di RSUD dr Soemarno Sostroadmojo Kuala Kapuas sudah mencukupi. “Jangan semua penyakit harus ke dokter spesialis, karena kebijakan kita pada pelayanan kesehatan dasar lebih banyak pada promotif dan preventif, karena dokter spesialis mahal sekali,” kata menteri yang juga seorang dokter spesialis anak lulusan Belgia ini.

Menkes menambahkan, rujukan pertama seperti RSUD dr Soemarno Sostroadmojo Kuala Kapuas sudah ada dokter spesialisnya dan jumlahnya sudah mencukupi, minimumnya ada empat dokter spesialis.

Namun, untuk tingkat provinsi, tenaga dokter spesialis akan diperbanyak dan saat ini sudah ada yang disekolahkan untuk melaksanakan tugas belajar dengan dibiayai dari APBN maupun dari APBD.

Menteri Nafsiah Mboi ia juga mengatakan secara bertahap akan meningkatkan jumlah tenaga kesehatan yang bermutu, meskipun tenaga dokter relatif masih kurang bila dibandingkan dengan provinsi lainnya.

“Kami telah membantu dokter PTT (pegawai tidak tetap, red) sebanyak 40 orang serta dari pemerintah daerah, sehingga kita optimis pelayanan kesehatan di Provinsi Kalteng dalam beberapa tahun kedepan, semakin lama akan semakin baik,” kata Nafsiah Mboi menjelaskan. (ar)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s