Tahun 2013, PNPM Mandiri Lamongan Naik 100%

Bupati Lamongan Fadeli

Bupati Lamongan Fadeli

Lamongan, Sergap – Lokasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri untuk Lamongan tahun ini naik hampir 100 persen. Berharap kualitas pengerjaan proyek infrastruktur dari program itu bisa terjaga kualitasnya, Bupati Fadeli turun langsung awasi pelaksanaannya mulai dari proses perencanaan.

Berlangsung di Balai Desa Guminingrejo/Tikung, Kamis (17/1/2013), Fadeli memberikan arahan teknis saat pelatihan bagi Kader Teknis Pembangunan Infrastruktur Perdesaan. Dalam kegiatan yang baru kali pertama diadakan itu, dia berharap para kader bisa secara mandiri merencanakan dengan baik pembangunan infrastruktur di desa, baik teknis maupun perencanaan anggarannya.

“Setelah pelatihan ini diharapkan kader desa mampu melaksanakan pembangunan infrastruktur dari anggaran PNPM secara lebih efektif dan efisien. Dengan artian, dengan alokasi yang ada, pembangunan dapat dilaksanakan tanpa mengurangi kualitas. Lebih-lebih agar tidak sampai menyalahi besteknya, “ tegas dia.

Dia kemudian memberi arahan untuk pembangunan jalan rabat beton agar spesifikasinya disesuaikan dengan kontur tanah. Jika jenis tanahnya gerak, maka komposisinya menurut Fadeli harus semen 1, pasir 3 dan batu pecah 5.

Lain lagi jika jalan tersebut diperkirakan akan dilalui kendaraan dengan tonase besar. Maka dia meminta agar ketebalan betonnya 15 cm. Kalau tidak pernah dilewati kendaraan tonase besar, ketebalannya baru boleh 12 cm.

Sedangkan bagi desa yang ingin mengerjakan jalan dengan bahan paving stone, agar juga memeperhatikan jenis serta ketebalannya. Jika banyak dilewati kendaraan dengan tonase cukup besar, dia berharap perencanaan pembangunann jalannya agar menggunakan paving stone dengan tebal 8 cm dan kualitas K 300.

“Jangan sampai keliru dalam merencanakan spesifikasi, pelaksanaan dan pengawasannya. Kualitas harus tetap dijaga. Karena yang akan memanfaatkan jalan tersebut juga masyarakat desa sendiri, “ tegas ia.

Seusai memberi arahan teknik, dia memeriksa langsung pengerjaan jalan. Untuk jalan rabat beton, dia cek ketebalannya mulai dari tepian hingga tengah. Sementara untuk yang paving stone juga dicek sendiri ketebalan dan kualitasnya.

Untuk diketahuui, besaran alokasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri untuk Lamongan tahun ini naik dua kali lipat. Dari alokasi tahun lalu yang sebesar Rp 27.350.000.000, naik menjadi Rp 53.950.000.000 di tahun 2013.

Untuk alokasi PNPM Mandiri di tahun 2013, paling sedikit kecamatan di Lamongan akan menerima Rp 1 miliar hingga yang terbanyak sebesar Rp 3 miliar. Yakni untuk Kecamatan Maduran, Sarirejo, Sekaran dan Solokuro. Sedangkan sebanyak 14 kecamatan menerima alokasi hingga Rp 3 miliar. Diantaranya Kecamatan Babat, Bluluk, Babat, Glagah dan Kalitengah.

Sedangkan untuk alokasi PNPM Mandiri di tahun 2012 hanya ada dua kecamatan yang mendapat alokasi hingga Rp 3 miliar. Yakni Kecamatan Babat dan Kecamatan Turi. Sementara kecamatan yang lain jumlahnya bervariasi antara Rp 600 juta hingga Rp 2 miliar. (sule)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s