Kopi Arabica Bondowoso Go Internasional

Kopi Arabica

Kopi Arabica

Bondowoso, Sergap – Kopi Arabika Bondowoso seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengusaha asal eropa dan amerika. Butuh ekstra kerja keras untuk memasarkan dan mengenalkan kopi arabika asli Bondowoso, utamanya negara Swiss.

Setelah berhasil menembus pintu perdagangan dunia dengan dikirimkannya ke Swiss, dan beberapa negara bagian di benua Eropa, arabika Bondowoso kian melejit. Bahkan juga sampai ke Amerika.

Pada tanggal 24 Oktober 2012 lalu, Daniel Schumatcer, pria asal negara Amerika berkunjung ke Bondowoso. Ia didelegasikan oleh Caffe Vita Coffee Roasting Co Seattle yang berada di Kota Seattle, Amerika Serikat.

Daniel mengaku jika berkunjungnya ke Bondowoso lantaran ia telah mencicipi kopi arabika Bondowoso. Tak berselang lama, Daniel mendapat tugas dari Cafenya untuk langsung melihat dan memesan kopi.

“Saya tertarik akan citarasa Kopi Arabika Bondowoso. Kedatangan saya untuk melihat langsung ke Sumber Wringin, pusat kopi arabika Bondowoso, agar saya tau bagaimana kopi ini diproses dan saya siap memesannya,” katanya usai ditemui Bupati Bondowoso Amin Said Husni di pendopo Kabupaten.

Bukan hanya Daniel. Pada 22 Januari 2013, giliran Ekcy P, pengusaha yang juga dari Kota Houston Amerika Serikat datang ke Bondowoso. Wanita dari perusahaan Greenway Coffee itu tertarik setelah mendengar dari beberapa koleganya. Iapun mengaku telah mencicipi Kopi Arabika dari Kota Tape ini.

Ecky P langsung ditemui oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bondowoso, Ir. Matsakur. Kepada Matsakur, Ecky mengatakan jika ingin bekerjasama dengan petani penghasil kopi di Bondowoso. Namun sebelum itu, Ecky juga ingin mengetahui langsung kebun kopi dan melihat bagaimana Kopi Arabika diproses.

“Saya ingin bekerjasama karena Arabika Bondowoso punya ciri khas tersendiri akan rasanya. Bisnis kopi adalah bisnis kopi adalah bisnis citarasa, saya tertarik dengan arabika Bondowoso dan saya yakin peluang ekspor kopi Bondowoso ke luar negeri bertambah besar,” katanya.

Bupati Bondowoso mengatakan bahwa Arabika Bondowoso bisa dikenal di mancanegara berkat kerja keras dan upaya Pemerintah Kabupaten Bondowoso bersama petani kopi.  “Pemerintah Kabupaten Bondowoso akan terus memacu petani untuk lebih meningkatkan kualitas kopi yang dihasilkan. Tak hanya itu, berbagai terobosan akan terus dilakukan, karena hal itu bisa meningkatkan kesejahteraan petani”, tegas bupati.

Data Dishutbun, menyebutkan, pada tahun 2012, ekspor Arabika Bondowoso naik ratusan persen. Sampai Oktober 2012 ekspor bisa tembus 144 ton, padahal tahun sebelumnya hanya mencapai 18 ton. (tim sergap bwi)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s