Kemenangan Taufiq – Badrus Diperkuat MK

Pasangan Taufiqurrahman dan Abdul Wachid Badrus (TAQWA)

Pasangan Taufiqurrahman dan Abdul Wachid Badrus (TAQWA)

Nganjuk, Sergap – Mahkamah Konstitusi (MK)  menilai hasil hasil Pemilukada Kabupaten Nganjuk sah, tidak ada pelanggaran yang sistematis, terstruktur, dan masif. Sehingga MK memutuskan menolak gugatan hasil Pemilukada Kabupaten Nganjuk, yang diajukan pasangan cabup Siti Nurhayati dan cawabup Sumardi (SIMA) serta pasangan independen cabup Njono Djojo Astro dan cawabup Syaiful Anam (Netral), Jumat (25/1/2013)

Putusan ini dibacakan dalam sidang MK di Jakarta, oleh Majelis Hakim yang terdiri 7 hakim MK. Ketujuh hakim MK secara bergiliran membacakan putusan. Di antaranya mengenai soal pembagian buku dinilai tidak secara meyakinkan terbukti perbuatan termohon karena berdasar keterangan saksi itu adalah kegiatan tahunan Gerakan Pemuda Ansor.

Demikian pula mengenai netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan dugaan politik uang (money politic) yang tidak ada buktinya. Mengenai netralitas PNS, juga tidak terbukti secara meyakinkan. Begitu juga soal gugatan adanya money politik, itu dinilai hanya seporadis tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa hal tersebut sistematik, terstruktur dan massif yang mempengaruhi secara signifikan perolehan suara.

“Berdasarkan hal itu, hakim MK memutuskan menolak gugatan para penggugat hasil Pemilukada Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur dengan nomor register 104/PHPU.D-X/2012 dan 105/PHPU.D- X/2012.” kata Agus Rachman, Anggota KPU Nganjuk Bidang Humas, hari Jumat yang sama kepada wartawan.

Sebelumnya, Pemilukada Nganjuk yang dilakukan 12 Desember 2012 lalu dan hasil rekapitulasi manual KPU Nganjuk 18 Desember 2012 menunjukkan pasangan incumbent cabup H Taufiqurrahman dan cawabup Abdul Wachid Badrus (Taqwa) mendapatkan suara terbanyak (31,96 persen). Namun hasil tersebut digugat calon lainnya. (sw/gus)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s