Wilayah Selatan Lumajang Berpotensi Menyimpan Kandungan Emas

 Ir. Indah Amperawati Masdar, MM

Ir. Indah Amperawati Masdar, MM

Lumajang, Sergap – Kabupaten Lumajang ternyata tidak hanya menyimpan potensi bahan galian berupa pasir Gunung Semeru dan Pasir Besi di sepanjang pesisir selatan saja. Ternyata, Kota Pisang ini menyimpan potensi kandungan emas yang bisa diusahakan dalam bentuk pertambangan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Bappekab) Lumajang,  Ir. Indah Amperawati Masdar, MM  Senin (7/1/2013) kapada wartawan mengatakan bahwa potensi bahan galian yang tersimpan di wilayah Kabupaten Lumajang yang dilirik investor akan terus bertambah.

”Setelah material Galian C berupa pasir Gunung Semeru dan Pasir Besi, saat ini dieksplorasi oleh berbagai investor, kini muncul lagi potensi kandungan bahan galian berupa emas yang juga dilirik investor dari Jakarta. Kalau tidak salah PT. Panas Emas,” katanya menginformasikan.

Menurutnya, potensi kandungan bahan galian emas ini, diperkirakan cukup besar di 2 wilayah Kecamatan, yakni Pronojiwo dan Tempursari yang mencakup luasan lahan 15 ribu hektar.  ”Hanya saja, investor sejauh ini haru menyampaikan keinginannya untuk melakukan penelitian. Mereka mengajukan ijin eksplorasi dan kami belum memberikan perijinan apapun kepada mereka,” katanya menambahkan.

Pemkab Lumajang sebelumnya akan melakukan penelitian terlebih dulu, guna memastikan berapa besar deposit kandungan emas di kedua wilayah kecamatan ini sebelum menawarkannya kepada investor.

Penelitian itu akan dilakukan bekerjasama dengan LAPAN (Lembaga Penelitian Antariksa Nasional), dengan melakukan survey permukaan dan pengambilan sampel di beberapa titik di kedua wilayah kecamatan tersebut.

Pemkab Lumajang, juga akan menggandeng Badan Geologi dan Kementerian ESDM. Sebab, Pemkab tidak memiliki tenaga ahli dan penelitian itu memerlukan tehnologi tertentu, untuk mengetahui berapa besar material yang bisa ditambang.  “Penelitian itu akan dilakukan dengan melakukan pengambilan sampel dan pengujian serta survey permukaan. Untuk penelitian yang dilakukan LAPAN, tentunya dengan tehnologi tinggi,” kata Indah menjelaskan. (tim biro lumajang)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s