Pilkades Massal Lamongan Dilaksanakan Bulan Mei 2013

Pemilihan Kepala Desa

Pemilihan Kepala Desa

Lamongan, Sergap – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara massal serentak di 381 desa akan kembali dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan, Jawa Timur, pada bulan Mei 2013. Untuk menunjang kesuksesannya, dalam pelaksanaan Pilkades massal itu nanti, ada subsidi sebesar Rp 5 juta per desa atau total senilai Rp 1,905 miliar yang dianggarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lamongan.

Sebagaimana diketahui Kabupaten Lamongan sudah pernah menggelar Pilkades massal pada tahun 2007 yang dilaksaksanakan dalam tiga periode.  “Saat itu ada 398 desa yang menggelar Pilkades massal pada kurun waktu Mei-Juni 2007”, kata Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Lamongan, Rusgianto, menjelaskan kepada wartawan.

Pada 20 Mei 2007, Pilkades digelar di 130 desa di eks wilayah Pembantu Bupati Karangbinangun dan Babat. Pada 3 Juni 2007 digelar di 120 desa di eks wilayah Pembantu Bupati Lamongan dan Paciran. Pada 17 Juni, diikuti 148 desa di wilayah eks Pembantu Bupati di Sukodadi dan Ngimbang.

“Dari tiga periode pilkades massal itu, warga yang menggunakan hak pilihnya dalam Pilkades sebanyak 934.622 orang atau 83 persen dari 1.116.523 yang masuk daftar pemilih,” kata Rusgianto.

Namun sebagaimana catatan Tabloid Sergap, pada pelaksanaan Pilkades massal pada tahun 2007 tersebut, ada beberapa daerah yang rawan konflik. Beberapa di antaranya adalah Desa Kedung Kumpul Kecamatan Sarirejo. Terjadinya konflik, biasanya karena adanya gesekan di antara para pendukung kades, yang tentu saja dapat diredam jika proses sosialisasi segera dilaksanakan oleh para pihak  terkait.

Keberhasilan Lamongan dalam menggelar Pilkades massal ini, pernah menjadi bahan studi banding Komisi A DPRD Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. (red/sule)

Iklan

One thought on “Pilkades Massal Lamongan Dilaksanakan Bulan Mei 2013

  1. Para aparat keamanan harus Extra Siaga dan ada masukan … alangkah
    baiknya jika proses pemilihan pilkades di tayangkan langsung di tv lokal harian
    dan para penduduk masyarakat tidak perlu berjubel2 di balai desa / tps
    yg bisa menyebabkan konflik kerusuhan diantara para pendukung calon kades baru.
    Penduduk masyarakat hanya perlu duduk manis di rumah2 masing sambil menonton proses perhitungan suara para calon kepala desa baru.
    Terbukti cukup fair play, efektif, efesien dan transparan … di beberapa desa di Gresik Driyorejo & Menganti
    http://www.hitech-lamongan.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s