20% Jaringan Irigasi di Lamongan Rusak

Lamongan, Sergap – Sekitar 20 persen jaringan irigasi di dua waduk besar di Lamongan, Waduk Gondang dan Prijetan mengalami rusak ringan dan sedang. Sedang sekitar 15 persen rusak berat dan 65 persen masih dalam kondisi baik. Kondisi ini jika terus berlangsung, tentu berkorelasi terhadap pemenuhan target produksi pertanian di lumbung padinya Jatim tersebut.

Ibnu Multazam

Ibnu Multazam

Terkait hal itu, Bupati Fadeli menegaskan di tahun 2013, bidang pertanian dan pengairan bakal semakin diprioritaskan dalam program pembangunan di Lamongan. Penegasan itu juga menjawab kritikan anggota Komisi IV DPR RI Ibnu Multazam saat mengunjungi Lamongan beberapa waktu lalu.

Anggota FPKB tersebut kala itu menyebutkan minimnya perhatian daerah pada bidang pertanian. Dia mengungkapkan banyak Dinas Pertanian di daerah yang tidak memiliki program dari APBD sendiri sehingga tidak akan memiliki kegiatan jika tidak ada kucuran anggaran dari pusat. Alias hanya mengandalkan anggaran dan program dari APBN.

Bahkan, lanjutnya, dengan pendekatan pada pemerintah pusat, tahun depan Lamongan bisa melakukan rehabilitasi pada jaringan irigasi tingkat usaha tani (JITUT). Jika rehabilitasi ini selesai dilakukan, bisa meningkatkan produksi pertanian untuk sejumlah 2.800 hektar lahan pertanian.

Sementara data terakhir dari Dinas Pertanian Kehutanan Lamongan menyebutkan, realisasi produksi padi hingga awal November ini sudah di atas target yang ditetapkan. Yakni dari target sebesar 899.871 ton gabah kering giling (GKG), sudah mencapai 901.237 ton GKG. Demikian pula realisasi panen sudah mencapai 146.939 hektar atau diatas target yang seluas 143.774 hektar.

Panjang keseluruhan jaringan irigasi Waduk Gondang (primer, sekunder dan tersier) mencapai 80.075 meter. Dengan kondisi baik 65 persen, rusak ringan/sedang 20 persen dan rusak berat 15 persen. Sementara Waduk Prijetan memiliki jaringan irigasi sepanjang 164.676 meter. Dengaan kondisi baik mencapai 60 persen, rusak ringan/sedang sebanyak 20 persen dan rusak berat juga 20 persen. (sule)

One thought on “20% Jaringan Irigasi di Lamongan Rusak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s