Kondisi Gedung KUA Poncol Gawat Darurat

KUA Poncol tampak depan

KUA Poncol tampak depan

Magetan, Sergap – Kantor Urusan Agama Kecamatan  (KUA) adalah merupakan unit kerja terdepan dan sebagai ujung tombak Kementerian Agama yang secara langsung berhadapan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagaimana diamanatkan dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 517 Tahun 2001, KUA mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan; kepenghuluan, pembinaan kemasjidan, pembinaan keluarga sakinah, pembinaan hisab rukyat, pembinaan produk halal, pensertifikatan dan pembinaan tanah wakaf, pembinaan ZIS, pembinaan ibadah sosial, pembinaan pengamalan keagamaan, pendidikan keagamaan  serta tugas pembangunan lainnya di bidang agama.

Tampak jelas di sini betapa berat dan menyeluruhnya tugas lembaga KUA itu. Namun tragisnya perhatian

Kementrian Agama dalam hal ini Kanwil Kementrian Agama Jatim kadang sungguh memprihatinkan.

Hal ini tampak nyata jika kita datang ke KUA Poncol Kabupaten Magetan. Struktur rangka kayu penyangga genteng yang sudah rapuh, yang tentunya juga mengakibatkan kebocoran, atap eternit yang nyaris rontok karena terkena bocornya air hujan, tembok kantor yang kusam dikarenakan rembesan kebocoran.

Bocor disana-sini dan temboknya lembab

Bocor disana-sini dan temboknya lembab

Apalagi, saat ini menjelang puncak musim hujan, yang sering diikuti oleh angin kencang. Dapat dibayangkan betapa para pegawai ujung tombak Kementraian Agama ini menjadi sering dicemaskan oleh kondisi kantornya yang sangat tidak layak sebagai sebuah instansi pelayanan publik.

“Kalau hujan deras, kami sering cemas dengan segala macam arsip-arsip yang ada di kantor”, kata seorang pegawai yang ditemui Tabloid Sergap di ruang kerjanya yang lembab. Tentu saja kecemasan tersebut akanmeningkat bilamana hujan disertai angin kencang.

Kondisi mengenaskan ini sudah dicemaskan oleh seluruh pegawai lebih dari 3 bulan yang lalu. Sebagai tindakan darurat, struktur rangka kayu penyangga genteng itu ditopang dengan kayu-kayu yang lebih kuat. Diharapkan rapuhnya struktur rangka penyangga atap tersebut, tidak mengakibatkan kejadian yang fatal. “Yah, paling tidak setelah ditopang seperti itu, kami agak sedikit merasa aman”, kata pegawai yang minta namanya tidak ditulis itu saat ditanya kekuatan kayu-kayu penopang itu.

Dari informasi yang dapat dihimpun, ternyata alokasi dana rehab untuk KUA di Kabupaten Magetan hanya satu lokasi per satu tahun anggaran. Sebagai contoh, tahun 2010 hanya KUA Kawedanan yang mendapatkan dana rehab. Tahun 2011 giliran KUA Panekan dan tahun 2012 yang direhab hanya KUA Karas.

Kerangka kayu sudah rapuh, ditopang agar tak roboh

Kerangka kayu sudah rapuh, ditopang agar tak roboh

Apakah pada tahun anggaran 2013 nanti akan tiba giliran KUA Poncol yang akan direhab gedung kantornya? Ternyata setelah bertanya kesana-kemari tidak ada pejabat maupun staf yang dapat ditemui Tabloid Sergap, dapat memastikannya.

Setelah mengadakan pengamatan di lapangan, paling tidak masih ada 3 KUA lagi yang kondisinya menuntut untuk segera direhab, dikarenakan sebagaimana KUA Poncol, sudah menimbulkan ketidaknyamanan yang berpotensi mengganggu kinerjanya dalam melayani kepentingan masyarakat. Ketiga KUA tersebut adalah KUA Parang, KUA Maospati dan KUA Karangrejo.

Lantas dengan hanya satu KUA yang direhap dalam satu tahun anggaran, dapat dibayangkan betapa lamanya sebuah gedung instansi pemerintah yang tidak layak huni “dipaksakan” untuk dijadikan tempat kerja.

Sudah selayaknya dan sewajarnya kondisi seperti ini, mendapatkan perhatian lebih dari para pengambil keputusan di Kementrian Agama, khususnya di Kantor Wilayah Kementrian Agama Jawa Timur di Surabaya. Semoga demikian. Amin…(hadi)

Iklan

One thought on “Kondisi Gedung KUA Poncol Gawat Darurat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s