Polres Takalar Sigap Laksanakan Operasi Cipta Kondisi

AKBP Nasrum Fahmi, SH

Takalar, Sulsel, Sergap – Demi terciptanya keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan aktifitasnya sehari-hari, maka Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Mudji Waluyo memerintahkan semua Polres di jajaran Polda Sulsel untuk melaksanakan “Operasi Cipta Kondisi”.

Salah satu yang merespon dengan sigap adalah Kapolres Takalar, AKBP Nasrum Fahmi, SH yang menindak lanjuti perintah Kapolda tersebut dalam bentuk digelarnya Operasi Cipta Kondisi, dua kali dalam satu minggu.

“Operasi Cipta Kondisi adalah pemberian pemahaman para pengguna jalan dan pengendara kenderaan baik itu roda dua maupun roda empat, dengan tujuan utama dilakukan pemeriksaan terhadap kemungkinan kepemilikan bahan peledak, narkoba, senjata tajam, senjata api dan miras secara illegal”, kata Kapolres Takalar menjelaskan.

Ditambahkan oleh Kapolres bahwa kepemilikan dan penggunaan secara illegal, kelima jenis benda tersebut sangat berbahaya dan sangat berpotensi mengancam keselamatan warga Takalar.

Selain itu, Operasi Cipta Kondisi ini juga untuk mengantisipasi para pendatang dari luar Provinsi Sulsel yang masuk di Takalar yang tanpa identitas dan tujuan yang jelas dalam upaya menciptakan situasi kondusif yang maksimal dalam wilayah hukum Polres Takalar.

“Provinsi Sulawsi Selatan juga akan melaksanakan pesta demokrasi di awal Januari 2013, yakni pemilihan Gubernur dan Wagub periode 2013-2018. Maka dari sekarang kita mengantisipasi hal-hal yang dapat menimbulkan kriminalisasi, seperti adanya orang dan barang yang masuk di wilayah ini yang kita tidak ketahui. Melalui operasi inilah kita akan mengetahuinya secara dini”, kata Nasrum Fahmi kepada Tabloid Sergap.

“Namun, sebagaimana perintah Kapolda maka profesionalitas sebagaimana diatur dalam Kode Etik Polri terkait dengan pelayanan kepada masyarakat juga wajib terus ditingkatkan”, kata Kapolres menegaskan.

Kapolres mengakui masih ada beberapa petugas yang tidak tahu tata cara memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat, polisi yang masih menyalah gunakan wewenang yang tidak sesuai Kode Etik Polri.

“Kita selaku aparat pengamanan, harus belajar tersenyum dan menyapa dengan sopan terhadap pengendara dan pengguna jalan. Polisi harus hormat dan bertanya dengan sopan, jangan ada menggertak. Di jaman sekarang main gertak itu, tidak bisa lagi kita pakai di institusi Kepolisian”, kata Kapolres  sekali lagi menjelaskan. (Biro Sulsel).

Iklan

One thought on “Polres Takalar Sigap Laksanakan Operasi Cipta Kondisi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s