Jatim Mempunyai 5 Kabupaten Tertinggal

Menteri PDT Helmy Faisal Zaini

Jember, Sergap – Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faisal Zaini, menyatakan ada 5 kabupaten di wilayah Jawa Timur yang tergolong sebagai daerah tertinggal. Yakni, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Sampang, dan Pamekasan. Menteri PDT menambahkan bahwa jumlah daerah tertinggal di seluruh Indonesia sebanyak 183 kabupaten/kota, lima di antaranya berada di Jawa Timur. Kementerian PDT menargetkan daerah kategori miskin akan berkurang sebanyak 50 kabupaten dari total 183 kabupaten yang ada saat ini hingga akhir 2014.

Penentuan 183 kabupaten tertinggal tersebut didasarkan enam kriteria utama, yakni perekonomian masyarakat, sumber daya manusia (SDM), infrastruktur berupa prasarana, kemampuan keuangan lokal (celah fiskal), aksesibilitas, dan karakteristik daerah. “Kementerian PDT berusaha untuk mengembangkan ekonomi lokal daerah tertinggal sehingga mampu mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten setempat,” kata menteri yang kementraiannya pernah dipimpin oleh Syaifullah Yusuf yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubenur Jawa Timur ini.

Kementerian PDT berupaya mengurangi daerah tertinggal agar sama daerah lain dengan berkoordinasi dan memfasilitasi kementerian atau lembaga lainnya melalui program peningkatan infrastruktur perdesaan, pengembangan ekonomi lokal, peningkatan pelayanan kesehatan yang berkualitas, terjangkau, dan peningkatan pelayanan pendidikan di daerah tertinggal.

Sejauh ini, kata dia, Kementerian PDT masih fokus terhadap daerah tertinggal yang cakupannya kabupaten/kota dan belum menyentuh tingkat desa dan kecamatan.

“Kategori daerah tertinggal akan disesuaikan dengan Undang-Undang tentang Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (PPDT) yang akan direvisi oleh DPR, sehingga saat ini pihak kementerian masih fokus pada kabupaten,” katanya saat berkunjung ke Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Kabupaten Jember, Jatim, Sabtu (17/11).

Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal bersama rombongannya akan melakukan kunjungan ke Kabupaten Bondowoso yang menjadi salah satu kabupaten kategori daerah tertinggal di Jawa Timur, hari Minggu, 18 Nopember 2012 ini. (tim)

Iklan

One thought on “Jatim Mempunyai 5 Kabupaten Tertinggal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s