Maksimalkan Wisata Kumendung Melalui Pokdarwis

Pantai Kumendung Muncar Banyuwangi
(foto 6 bulan yang lalu)

Banyuwangi, Sergap – Bertempat di Balai Desa Kumendung, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi telah dilaksanakan rapat sosilisasi kepariwisataan dan pembentukkan Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis) pada hari Jumat (31/7/2012) yang lalu.

Sosialisasi dihadiri oleh kepala desa, pimpinan dan anggota LPMD, Tim Penggerak PKK Desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian seluruh lapisan warga untuk mengembangkan potensi yang ada, sehingga Desa Kumendung diharapkan dapat menjadi salah satu desa tujuan wisata di Kabupaten Banyuwangi.

Warga Desa Kumendung terdiri dari beberapa etnis yang menganut agama Islam, Hindu, Kristen sehingga memperkaya khasanah budaya yang merupakan kekayaan warisan leluhur bangsa.

Kekayaan budaya dan seni seperti Janger, Jaranan, Kencreng, Gandrung dan tradisi Mantu Kucing yang unik itu dapat menambah daya pikat, sehingga Desa Kumendung makin ramai dikunjungi wisatawan lokal, daerah bahkan internasional.

Desa Kumendung juga mempunyai pantai yang indah menghadap Selat Bali di mana juga bermuara Sungai Bomo, sumber air Mbah Kopek, mbah Brahim dan Goa Lawa adalah potensi untuk dikembangkan wisata air yang sedang ngetrend di berbagai daerah di tanah air.

Di Pantai Kumendung ini pula telah ada Sirkuit Motor Cross yang bertaraf internasional. Sehingga memungkinkan untuk diselenggarakan kejuaraan motor cross tingkat nasional, regional maupun internasional.

Dalam rangka memaksimalkan itu semua maka dibentuklah Pokdarwis yang diberi nama “Kumendung Asri” yang tugasnya antara lain, mendata semua asset Desa Kumendung. Dalam catatan data tersebut akan diketahui, mana yang sudah cantik, setengah cantik atau yang perlu dipercantik karena ditelantarkan.

Kemudian harus segera dikaji aspek budayanya, aspek manusianya dan aspek sumberdaya alamnya. “Yang penting jangan sampai terjadi, bahwa ternyata Pokdarwis Kumendung Asri ini hanyalah isapan jempol belaka”, kata Sumadji, SPd, SH selaku ketua Pokdarwis. Yang dalam bahasa Osing bunyinya “Lontong-lontong tak nono bumbune, omong-omong tak nono nyatane”.

Pokdarwis Kumendung Asri, kepengurusannya adalah sebagai berikut : Ketua Sumadji, Sekretaris : Sumoro Hadiwiyono, Bendahara : Made Ukir Dharta. Anggotanya 12 orang, yaitu : Bendol Wiyanto, Yatiman, Tehel Sugiyono, Suparno Gendir, Edi Suparno, Made Swanerta, Suwanto, Hami, Ponidi Susanto, Panidi, Harsaid, Sucipto. (tim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s