Wing Air Ramaikan Rute Surabaya-Banyuwangi

Pesawat ATR Wing Air

Banyuwangi, Sergap – Maskapai penerbangan Wings Air akan ikut meramaikan  rute penerbangan baru yaitu Surabaya-Banyuwangi pulang pergi.  Sejauh ini rute tersebut hanya dilayani oleh Merpati Airlines.

Dengan adanya penambahan maskapai itu diharapkan pembangunan ekonomi yang masih berpusat di kawasan barat Indonesia bisa bergeser ke kawasan timur. “Kawasan timur Jawa Timur cukup prospektif untuk dilirik sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru. Dan saatnya kita memutar arah kemudi pembangunan menuju ke timur,” kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Menurutnya mulai 20 September, Wings Air akan resmi menggarap rute Surabaya-Banyuwangi (PP). Penerbangan itu dilakukan setiap hari, yaitu berangkat dari Bandara Internasional Juanda Surabaya pukul 09.30 WIB dan tiba di Bandara Banyuwangi pukul 10.20 WIB. Sebaliknya, berangkat dari Banyuwangi pukul 10.45 WIB dan tiba di Surabaya pukul 11.35 WIB.

Sedangkan untuk Merpati Airlines terbang dari Surabaya pukul 13.40 WIB dan rute sebaliknya, Banyuwangi-Surabaya pukul 15.00 WIB.

“Artinya, untuk sampai Banyuwangi dari Surabaya hanya butuh waktu 50 menit. Keberadaan bandara dengan jadwal penerbangan tetap menjadi bukti perekonomian Banyuwangi terus meningkat,” ujar Anas.

Selain Bandara Banyuwangi, kelancaran angkutan juga ditopang keberadaan Pelabuhan Tanjung Wangi yang terus dibenahi, dengan pemanjangan dermaga. Selain memangkas biaya distribusi, karena tak harus ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, pengembangan pelabuhan ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi agar lebih merata.

Sejumlah industri besar telah hadir di Banyuwangi, antara lain, PT Semen Gresik Tbk dan PT Semen Bosowa. Sementara lahan kosong 600 hektar juga disiapkan untuk perluasan kawasan industri. Termasuk, juga tengah disiapkan pembangunan pabrik gula modern terbesar se-Indonesia di Banyuwangi dengan kapasitas giling 10 ton tebu per hari. (adji)

One thought on “Wing Air Ramaikan Rute Surabaya-Banyuwangi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s