Polres Ngawi dan Magetan Waspadai Perbatasan Jawa Tengah

AKBP Edy Junaedy

Ngawi/Magetan, Sergap – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Ngawi dan Polres Magetan, Jawa Timur (Jatim), mewaspadai maraknya aksi teroris di Solo dan Jawa Tengah pada umumnya, dalam rangka memberikan dukungan penuh upaya melokalisir gerak terorisme yang terjadi di wilayah hukum Polda Jawa Tengah.

Kapolres Ngawi AKBP Edy Junaedy, Sabtu (01/09/2012), mengatakan jajarannya memperketat pengamanan dan kewaspadaan di daerah Mantingan yang merupakan perbatasan Provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah, pascaterjadinya teror dan penembakan pos polisi di Solo.

Pos Polisi Mantingan merupakan pos pengamanan yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Sehingga dikategorikan sebagai wilayah yang sangat rawan dan perlu dipantau.

“Kami telah meningkatkan keamanan di daerah perbatasan Ngawi dengan Sragen Jateng, yakni di wilayah Mantingan. Peningkatan keamanan diwujudkan dengan menyiapkan sejumlah personel penembak jitu (sniper) dan juga melakukan razia kendaraan,” ujarnya.

Menurut dia, razia kendaraan atau operasi keamanan tersebut digelar sewaktu-waktu secara acak. Dalam operasi tersebut polisi akan memeriksa semua kendaraan yang lewat terutama mobil yang berasal dari arah Jawa Tengah.

“Upaya pengamanan tersebut bertujuan untuk melokalisir kemungkinan teroris yang hendak masuk wilayah Jawa Timur. Tidak hanya di perbatasan, operasi keamanan juga dilakukan di sejumlah titik lain yang dinilai merupakan daerah rawan kriminalitas dan lalu lintas,” kata dia.

Hal yang sama dilakukan oleh jajaran Polres Magetan. Antisipasi mulai dilakukan dini sebagai reaksi cepat pencegahan teror.

Kapolres Magetan AKBP Agus Santosa langsung menginstruksikan kapolsek serta kepala satuan untuk meningkatkan kewaspadaan di mapolsek dan sejumlah pos polisi di Magetan terutama wilayah perbatasan.

AKBP Agus Santosa

Adapun wilayah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah adalah di wilayah Plaosan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar dan juga Poncol yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

“Pantauan utama dilakukan di pos perbatasan Jawa Tengah yakni di daerah Plaosan dan Poncol. Meski belum melakukan operasi kendaraan namun hal itu akan segera dilakukan,” ujar Kapolres Magetan AKBP Agus Santosa, Sabtu (01/09/2012).

Agus menjelaskan, pihaknya juga menambah personel yang berjaga di pos-pos polisi yang ada di Magetan. Para personel yang melakukan tugas tersebut diberikan tambahan senjata laras panjang untuk memperlancar jalannya pengamanan.

Selain itu, Kapolres juga mengimbau masyarakat untuk turut membantu kinerja kepolisian dalam mengantisipasi aksi teror dan tindak kekerasan di wilayah hukum Magetan. Diharapkan masyarakat ikut meningkatkan kewaspadaan namun tidak panik.

“Saya minta masyarakat ikut membantu Polri dalam menjaga situasi keamanan wilayah. Mulai dari bantuan informasi ataupun lainnya yang dapat berakibat pada gangguan ketertiban dan keamanan,” tambahnya.

Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pimpinan polres sekitar, baik di wilayah eks-Keresidenan Madiun maupun perbatasan Jawa Tengah guna mempersempit ruang gerak teroris.  (hid/gus)

Iklan

One thought on “Polres Ngawi dan Magetan Waspadai Perbatasan Jawa Tengah

  1. Ping-balik: Rekor Muri Susun Balok Kreatif | ambangbatas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s