Anggota DPRD Trenggalek Ditahan Karena Kasus Penipuan

Sugino Pudjo Semito

Trenggalek, Sergap – Sugino Pudjo Semito, anggota DPRD Kabupaten Trenggalek dari Fraksi Partai Demokrat, akhirnya ditahan Pengadilan Negeri (PN) Trenggalek karena didakwa melakukan penipuan/penggelapan uang Rp 300 juta.

Wakil Ketua PN Trenggalek, Joko Saptono mengatakan penahanan Sugino dilakukan pada Rabu (29/8/2012) lalu. Penahanan dilakukan usai sidang pertama, dengan agenda pembacaan dakwaan. “Penahanan ini yang pertama sebagai terdakwa, sebab selama penyidikan di kepolisian dan kejaksaan tidak pernah dilakukan penahanan,” katanya.

Joko Saptono yang juga Humas PN Trenggalek ini menjelaskan bahwa terdakwa dijerat Pasal 378/372 KUHP tentang penggelapan/penipuan, dengan ancaman 4 tahun penjara. Pasal ini berdasar pasal 21 ayat b Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) merupakan pasal pengecualian. Artinya, meski ancaman dibawah 5 tahun terdakwa tetap bisa ditahan. “Pasal yang digunakan merupakan pengecualian, sehingga meski ancamannya di bawah 5 tahun tetap bisa ditahan,” tambahnya.

Penahanan dilakukan karena sudah cukup bukti yang menguatkan. Selain itu alasan subyektif hakim, terdakwa akan lari, menghilangkan barang bukti, mempengaruhi saksi maupun mengulangi perbuatannya. Penetapan penahanan ini berlaku 30 hari sejak ditetapkan dan bisa diperpanjang 60 hari lagi, berdasar pasal 26 ayat 1 dan 2 KUHAP. “Jika nantinya selama penahanan perkara belum putus, bisa dilakukan perpanjangan penahanan, sampai perkaranya putus di pengadilan,” pungkasnya.

Awal perkara yang menjerat Sugino terjadi pada tahun 2008 silam. Saat itu, Sugino yang juga seorang kontraktor mendapatkan proyek jalan lingkar Durenan. Untuk mengerjakan proyek ini, Sugino meminjam dana kepada Suminto sebesar Rp 300 juta. Sayangnya pembangunan ini mendapat gangguan warga sehingga molor dan kena klaim Badan Peneriksa Keuangan (BPK).

Sugino yang akhirnya tak sunggup mengembalikan uang pinjamannya. Suminto lalu melapor ke Polda Jatim, baik secara pidana maupun perdata. Perkara Sugino kemudian disidangkan di PN Trenggalek. (pur)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s