Arus Lalin Mengkreng/Braan Mulai Padat

Suasana pertigaan Mengkreng/Braan saat terjadi kemacetan

Kediri, Sergap – Arus kendaraan di simpang tiga Mengkreng Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri yang berbatasan dengan Braan Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk mulai mengalami lonjakan,sejak  Selasa (21/8/2012) atau H+2 lebaran.

Sementara, sepeda motor tampak mendominasi arus lalu lintas di jalur penghubung antara Jawa Timur dan Jawa Tengah tersebut. Kenaikan volume kendaraan diperkirakan berkisar antara 10–20 persen dibanding hari biasa. Namun kepadatan kendaraan tersebut belum mencapai puncak arus balik.

Kepadatan lalu lintas terasa sejak pagi. Kepadatan terjadi karena pertemuan kendaraan pemudik yang hendak kembali ke daerah asalnya dengan warga yang hendak bersilaturahmi dengan sanak kerabatnya. Akibatnya arus lalu lintas menjadi padat merayap. Pengguna jalan dari arah Kediri, Jombang dan Nganjuk harus rela melaju dengan kecepatan rendah karena deretan kendaraan memanjang dengan jarak yang rapat.

Volume kendaraan di jalur Mengkreng diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan datangnya arus balik. Puncak arus balik di jalur provinsi itu diperkirakan terjadi pada H+5 lebaran yang berdekatan dengan berakhirnya masa libur hari raya Idul Fitri.

Pada saat puncak arus balik, para pengguna jalan disarankan untuk menggunakan jalur alternatif yang sudah disiapkan. Keempat jalur alternatif tersebut yakni Kediri-Bangi-Jatipelem, Kediri-Papar-Badas, Kediri-Gurah-Badas dan Kediri-Pagu-Kunjang. Jalur utama dipastikan akan mengalami kemacetan akibat pertambahan volume kendaraan yang melintas hingga dua kali lipat dari hari biasa.

“Kami sudah menyiagakan personel bekerjasama dengan polres terdekat untuk mengatur arus lalu lintas. Kami juga sudah menyiapkan jalur alternatif yang bisa digunakan pengguna jalan agar tidak terjebak macet,” kata Kasatlantas Polres Kediri, AKP Ariwibowo. (sur)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s