Waspadai Kemacetan di Peterongan Jombang dan Braan Kertosono

Proyek Fly Over di Peterongan membuat ruas jalan menjadi sempit

Jombang, Sergap – Di wilayah Peterongan, Jombang sedang ada pembangunan proyek jembatan layang (fly over) sepanjang satu kilometer, yang dipastikan bakal memacetkan arus lalu lintas kendaraan para pemudik. Titik ini merpakan salah satu titik-titik penyempitan dan kerawanan kemacetan arus kendaraan selama arus mudik Lebaran tahun ini.

“Kemacetan sudah bisa dipastikan akan terjadi dan kami pun siap membantu pemudik agar tetap merasa aman dan nyaman walaupun perjalanan mereka akan tersendat-sendat karena adanya penyempitan jalan dengan adanya proyek fly over,” kata salah seorang anggota polisi lalu lintas yang sedang bertugas di pos Polisi Lalu Lintas (Polantas) Peterongan, Jombang, Selasa (14/8/2012).

Petugas Polantas di lapangan juga mengeluhkan adanya dampak debu yang setiap saat bertebaran dan berterbangan akibat dari pembangunan proyek jalan layang sehingga menggangu kenyamanan selama bertugas mengatur arus lalu lintas kendaraan. “Sekarang ini saja sudah sering macet dan debunya banyak yang bertebaran, apalagi nanti kalau arus mudik Lebaran bertambah padat pasti bertambah macet dan berdebu,” katanya.

Dia berharap agar dinas terkait, termasuk Pekerjaan Umum dan Jasa Marga, segera mengambil langkah dengan upaya penyiraman menggunakan mobil tangki air agar debunya tidak bertebaran dan mengganggu kenyamanan dan kesehatan.

Para pemudik yang melintas di jalan utama selatan juga perlu pula mewaspadai kemacetan yang bakal terjadi di pertigaan/perempatan Mengkreng, Kertosono, Nganjuk. Pasalnya, perempatan Mengkreng menjadi titik pertemuan arus kendaraan lalu lintas dari Surabaya menuju Kediri, Tulungagung ataupun Yogyakarta, atau sebaliknya dari Kertosono menuju Kediri.

Begitu pula pemudik dari arah barat (Yogyakarta) menuju arah timur (Surabaya) yang melintas di perempatan Mengkreng sebaiknya waspada dan berhati-hati serta bersabar menghadapi kemacetan dan jangan saling serobot yang biasanya akan memperparah kemacetan.

“Biasanya kemacetan panjang akan terjadi kalau arus mudik dari Surabaya padat dan dalam waktu bersamaan ada kereta api yang lewat di perlintasan kereta api sebelum Braan,” kata salah seorang petugas polisi lalu lintas di pos polisi lalu lintas Gondang Manis, Jombang.

Kawasan Braan yang berada tidak jauh dari perempatan Mengkreng (Kertosono, Nganjuk) selama ini menjadi pusat penjual aneka jajanan khas Jawa Timur sehingga kerap kali arus lalu lintas tersendat akibat parkir kendaraan pribadi ataupun bus yang sedang menurunkan penumpang atau menunggu calon penumpang.

Kondisi tersebut bakal lebih parah jika di perempatan Mengkreng terjadi kepadatan dan kemacetan arus lalu lintas kendaraan. (mon)

Berita terkait :   – Fly Over Peterongan Sudah Bisa Dilintasi Pemudik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s