Eddy Rumpoko Dicoret Sebagai Calon Walikota

Eddy Rumpoko

Batu, Sergap – Pasangan Calon Walikota Batu Eddy Rumpoko-Punjul Santoso resmi dicoret sebagai kontestan Pemilukada Kota Baru oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Jawa Timur, Rabu (8/8/2012. “Untuk memutuskan pencoretan ini, kami melalui rapat pleno yang prosesnya cukup panjang dan alot. Sejak Selasa (7/8) hingga Rabu dini hari tadi baru bisa diputuskan dicoret tidaknya pasangan yang diusung PDIP tersebut,” tegas Supriyanto, Anggota KPU Kota Batu kepada wartawan.

Pencoretan Eddy Rumpoko sebagai salah satu pasangan calon wali kota dan wakil wali kota (cawali-cawawali) Batu itu karena terganjal keabsahan ijazah SMP. Sebab, ijazah SMP Taman Siswa Surabaya yang dimiliki Eddy Rumpoko yang diusung PDI Perjuangan ini, dinyatakan tidak berlaku oleh sekolah bersangkutan.

Supriyanto menjelaskan, keputusan pleno itu memiliki pertimbangan yang cukup kuat, sebab sebelumnya KPU melakukan klarifikasi berkas berdasarkan aspek legal formal melalui pengakuan sekolah maupun Dinas Pendidikan.

Dalam klarifikasi itu, lanjutnya, diketahui adanya ketidakabsahan ijazah SMP Eddy Rumpoko. Bahkan, ijazah Eddy Rumpoko juga dinyatakan tidak berlaku oleh sekolah bersangkutan (SMP Taman Siswa Surabaya) maupun Dinas Pendidikan Pemprov Jatim.

Supriyanto menambahkan, yang menjadi pertimbangan adalah hasil konsultasi dengan KPU Jatim, berita acara supervisi dan monitoring KPU Provinsi Jatim ke KPU Batu serta rekomendasi Panwaslu setempat. “Yang menjadi pijakan KPU Kota Batu adalah UU Sisdiknas dan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2011 tentang pendidikan nasional harus urut dan berjenjang”, tegas Suriyanto.

Selain Eddy Rumpoko-Punjul, KPU Kota Batu juga mencoret calon ‘independen’ (perseorangan) pasangan Sugiarto-Solikhin  sebagai kontestan Pemilukada Kota Batu yang akan digelar Oktober mendatang, karena tidak memenuhi batas minimal dukungan KTP.

Menyinggung kemungkinan munculnya gugatan dari para calon terkait keputusan tersebut, Supriyanto secara tegas mengatakan, pihaknya siap menerima dan pihaknya juga menghormati pihak-pihak yang melayangkan gugatan. “KPU Kota Batu mempersilahkan jika ada calon yang tak puas,  untuk menempuh jalur hukum”, kata Supriyanto.

Sebagaimana diberitakan, Kepala Sekolah SMP Taman Siswa Surabaya Drs. Abdullah telah membuat surat yang menyatakan bahwa Wali Kota Batu Eddy Rumpoko tidak pernah tercatat sebagai siswa SMP Taman Siswa.

Sesuai klarifikasi dan verifikasi yang dilakukan KPU Batu, surat keterangan pengganti ijazah Eddy Rumpoko dinyatakan tidak berlaku oleh sekolah bersangkutan. Dan pada Pemilukada  periode sebelumnya, persyaratan cawali dan cawawali hanya membutuhkan ijazah SMA, namun tahun ini, ijazah SMP juga dibutuhkan.

Bahkan, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) juga mendesak Polda Jatim kembali melakukan pengusutan terhadap dugaan pemalsuan surat keterangan lulus Eddy Rumpoko dari SMP Taman Siswa Surabaya itu.

Menyikapi hal ini, kuasa hukum Eddy Rumpoko, Abdul Wahab Adhinegoro, dalam waktu dekat ini akan mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), bahkan partai pengusung (PDIP) juga akan melakukan hal yang sama.

Abdul Wahab menilai, KPU telah berbuat dzolim dan ada konspirasi politik dalam keputusan tersebut, bahkan ia curiga jika ada permainan politik atas keputusan yang merugikan kliennya tersebut.  “Apa yang terjadi pada klien saya ini, ada dugaan kuat jika ada pihak-pihak tertentu yang menjegal Pak Eddy agar tidak bisa maju dalam Pilkada Oktober mendatang,” tegasnya.

Dengan demikian maka KPU Kota Batu menetapkan tiga pasangan cawali dan cawawali. Ketiga pasangan cawali-cawawali itu adalah Suhadi–Suyitno (Partai Golkar dan PKB), Gunawan Wirutomo–Sundjojo (Partai Hanura dan PKNU), serta calon perseorangan Abdul Majid – Kustomo.  (enny)

Berita terkait :   

Eddy Rumpoko Terganjal Kasus Dugaan Ijazah Palsu

Iklan

2 thoughts on “Eddy Rumpoko Dicoret Sebagai Calon Walikota

  1. Ping-balik: Eddy Rumpoko Dicoret, KPUD Batu Dituding Tidak Netral « TABLOID SERGAP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s