Debt Collector Marak Rampas Motor, Dewan Segera Panggil Finance

Penyitaan tanpa ijin pengadilan adalah tindak pidana perampasan

Jombang, Sergap – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jombang, bereaksi positif atas banyaknya keluhan masyarakat  atas maraknya perampasan motor yang menunggak kredit oleh para debt collector.

Anggota Komisi A DPRD Jombang, Solikin Ruslie, mengatakan sudah saatnya para pengusaha finance menghentikan ulah para penagih utang yang melakukan tugasnya dengan cara kasar. Seseorang petugas dari manapun hendak menyita barang nasabah, harus melalui mekanisme hukum yang ada. “Sistem penyitaan barang itu harus medapat izin dari Pengadilan Negeri setempat,” ujarnya, Rabu (8/8).

Sekarang ini, pemberi kredit dalam menangani kreditur bermasalah banyak yang menerapkan sikap kurang terpuji, dan ada yang mulai menjurus gaya premanisme. Di antaranya merampas kendaraan kredit bermasalah di tengah jalan.

Sementara itu Sudarso, anggota Fraksi Partai Golkar, meminta penegakan hukum harus berjalan tegas. Ia berharap petugas  leasing manapun yang menerapkan sistem melanggar hukum harus ditindak. Untuk itu polisi diimbau segera menertibkan praktik tidak terpuji para juru tagih utang ini.

Sumantri (39), warga Bandar Kedungmulyo, mengaku pernah menjadi korban aksi coboy debt collector. Motor kreditannya dirampas oleh empat orang debt collector ketika motor kreditnya menunggak dua bulan. Padahal ia sudah mengangsur sembilan kali. “Mereka tak mau tahu meski saya meyakinkan akan melunasi tunggakan itu pada angsuran ke tiga,” ungkapnya.

Kasubag Humas Polres Jombang, AKP Sugeng Widodo, menanggapi desakan masyarakat dan anggota dewan soal aksi premanisme para debt collector itu, menjanjikan akan mengkaji informasi itu untuk ditindaklanjuti. (mon)

2 thoughts on “Debt Collector Marak Rampas Motor, Dewan Segera Panggil Finance

  1. PERNYATAAN Anggota Komisi A DPRD Jombang, Solikin Ruslie, PATUT KITA DUKUNG, “HENTIKAN PERAMPASAN KENDARAAN TANPA PROSEDUR ATAU TANGKAP PERAMPASNYA UNTUK DIADILI” AGAR DPR DAPAT KEPASTIAN HUKUM DI NEGERI TERCINTA INI………………..LANJUTKAN BAPAK SOLIKIN RUSLIE………………………..LINDUNGI RAKYATMU, THANKS

  2. Ping-balik: Waspadalah, Premanisme Ala Adira Finance | TABLOID SERGAP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s