Mahfud MD : Ciri Negara Jahiliyah adalah Jika Hukum Dipermainkan

Mahfud MD, Ketua Mahkamah Konstitusi

Bondowoso, Sergap – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan bahwa di dalam Al Quran ditegaskan bahwa negara yang hukumnya tidak ditegakkan adalah negara “jahiliyah”. Ciri negara di tengah masyarakat jahiliyyah itu adalah aparatnya mempermainkan hukum. Ditegaskannya pula bahwa negara akan hancur kalau keadilan hukum tidak ditegakkan.

“Banyak contoh negara yang hancur karena keadilan tidak ditegakkan. Contohnya kerajaan yang dipimpin oleh Firaun atau Namrud. Dari Mesir kuno sampai modern, negara hancur karena tidak adanya keadilan,” katanya saat berbicara pada pengajian di Pesantren Al Qurthuby, Pujer, Kabupaten Bondowoso, Jatim, Minggu (05/08/2012).

Mahkamah Konstitusi yang dipimpinnya didirikan pada tahun 2003, katanya, juga dalam rangka menegakkan hukum dan keadilan sehingga Indonesia selamat dari kehancuran sebagai negara. Ketua MK juga banyak menyampaikan contoh bagaimana Nabi Muhammad menolak dengan tegas ketika sejumlah orang mengajaknya untuk bermain-main dengan masalah hukum atau keadilan.

Salah satunya adalah ketika sekelompok perempuan bangsawan datang kepada Nabi untuk diadili. Salah satu dari perempuan aristokrat itu berbuat salah, kemudian Nabi disuruh mengadili dengan menyebut bahwa perempuan itu tidak bersalah.

“Nabi dengan tegas menjawab bahwa seandainya Fatimah, putrinya, yang mencuri, Beliau sendiri yang akan memotong tangannya. Jadi, dalam masalah hukum, tidak ada orang terhormat atau bangsawan,” kata mantan Menteri Pertahanan pada era kepimpinan K.H. Abdurahman Wahid (Gus Dur) ini.

Suatu ketika, kata dia, dua orang Yahudi yang berselisih dengan kaumnya datang kepada Nabi Muhammad minta diadili. Keduanya minta diadili dengan “permainan”, yakni dimenangkan. Keduanya berjanji, jika Nabi mau menuruti permintaan itu, seluruh kaum Yahudi akan berbondong-bondong masuk Islam. “Nabi kemudian diingatkan oleh Allah lewat firman-Nya yang menyebutkan bahwa apakah hukum orang jahiliyah yang akan digunakan? Oleh karena itu, Nabi juga dilarang untuk bernegosiasi dalam hukum,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Mahfud mengemukakan bahwa MK sudah menangani banyak kasus hukum sehingga sejumlah UU dibatalkan karena bertentangan dengan hak asasi manusia. Mahfud hadir di pesantren tersebut bersama dengan Katib Aam Syuriah PBNU Dr. K.H. Malik Madani. (and)

One thought on “Mahfud MD : Ciri Negara Jahiliyah adalah Jika Hukum Dipermainkan

  1. Setuju bapak, Artinya Petinggi Negeri ini Harus membersihkan Para Penegak Hukum yang mempermainkan HIKUM di negeri Indonesia Tercinta ini, agar Negara Kita Terselamatkan dari Predikat NEGARA JAHILIYAH, Terima Kasih Bapak Mahfud MD telah mengingatkan kita semua sebagai landasan Hukum ” MEMBERANTAS PARA PENEGAK HUKUM YANG MEMPERMAINKAN HUKUM” BAGAIMANA KALAU KAMI (RAKYAT) MEMBENTUK TIM EKSAMINASI PUBLIK (PUBLIC examination), SETUJU ? KEMANA KAMI MENGADU ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s