Marzuki Alie : Orang Miskin Itu Malas

Ketua DPR RI Marzuki Alie

Jombang, Sergap – Komentar aneh dilontarkan lagi oleh Ketua DPR RI Marzuki Alie.  kembali melontarkan komentar nyeleneh. Komentar tersebut diucapkan Marzuki Alie saat menjawab pertanyaan sebagai nara sumber dalam acara seminar yang digelar bersamaan Kongres BEM PTNU se-Indonesia di Unipdu Rejoso, Minggu (8/7/2012).

“Jadi bukan salah siapapun kalau ada orang miskin. Itu salahnya sendiri, karena dia malas,” kata Marzuki Alie menjawab pertanyaan dari peserta seminar. Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Demokrat ini lebih menilai kondisi seperti itu terjadi karena faktor orang miskinnya sendiri.

Saat itu moderator seminar, Zaimudin Asad (Gus Zuem) membuka sesi dialog pertama. Sejumlah mahasiswa langsung bermaksud bertanya, dengan mengacungkan telunjuk jari. Gus Zuem pun lantas memberikan kesempatan pada empat mahasiswa.
Di antara penanya itu ada yang mengkritisi maraknya kasus korupsi yang terjadi di negeri ini. Termasuk yang dilakukan para anggota DPR RI. “Menurut bapak, sejauh mana korupsi itu berimbas pada munculnya kemiskinan?” tanya si mahasiswa.

Bukannya mengulas soal korupsi yang banyak melibatkan anggota dewan yang dipimpinnya, saat itu Marzuki justru mencoba berkelit dengan mengatakan, tidak ada orang miskin disebabkan orang lain.
“Salah sendiri malas. Kalau mau usaha, pasti tidak miskin,” jelasnya. Tentu saja pernyataan itu berbeda dengan pandangan banyak pihak yang menilai tingginya angka kemiskinan salah satunya disebabkan tidak adanya keadilan dan pemerataan kesejahteraan.
Meski demikian, Marzuki tetap mengajak untuk membantu orang miskin tertentu. “Kalau ada orang miskin karena kekurangan dan keterbatasan, itu tetap harus kita bantu,” ajaknya. Misalnya, orang miskin karena cacat fisik atau sakit sehingga dia tidak bisa mencari nafkah. (mon)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s