Jaringan Lemot, Guru Trenggalek Gagal Uji Kompetensi

Uji Kompetensi Guru

Trenggalek, Sergap – Uji Kompetensi Guru (UKG) yang dilakukan hari ini, Senin (30/7/2012) secara nasional, terhambat karena soal tidak bisa diakses. Para guru peserta di Kabupaten Trenggalek pilih cangkrukan menghabiskan waktu.
Uji kompetensi guru dilakukan dengan soal secara online dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun saat hendak dimulai ujian, alamat situs di http://www.okg.kemendiknas.go.id tidak bisa diakses.
Kondisi tersebut sempat membuat para guru peserta di SMAN 1 Trenggalek panik. Mereka takut, jika gagal ikut uji kompensi dan harus mengulang di tahun-tahun mendatang.
“Takutnya kami dinyatakan gagal, padahal masalahnya memang soalnya tidak bisa diakses,” ujar Puji Hartono, guru PKn SMPN 1 Kampak.
Namun pihak panitia menjelaskan, jika kesalahan ada di website milik kemendiknas yang memang tidak bisa diakses. Para guru pun sedikit lega, meski mereka masih kecewa.
“Kami sudah siap sepenuhnya untuk mengerjakan semua soal ujian. Tapi ternyata soalnya yang bermasalah,” keluh Puji.
Karena batal mengerjakan ujian, para guru pilih cangkrukan di depan laboratorium komputer SMAN 1 Trenggalek, lokasi diadakannya uji kompetensi. Ada pula yang bermain-main dengan internet, sekedar menunggu waktu pulang tiba.
Menurut Panitia Uji Kompetensi Suyoto, permasalahan memang dari sites milik Kemendiknas yang tidak bisa diakses. Karenanya, pihaknya hanya memberlakukan absensi kepada para peserta, sebagai bukti kehadiran. Selanjutnya pihaknya menunggu instruksi dari Dinas Pendidikan.
“Kami masih menunggu instruksi selanjutnya. Karena pada intinya kami sudah siap menyelenggarakan ujian, ujarnya.
Di Trenggalek sendiri, ada 3 ribu lebih guru yang menjadi peserta uji kompetensi. Di SMAN 1 Trenggalek ujian dilaksanakan di dua laboratorium komputer, dengan kapasitas 20 orang per laboratorium. Ujian dilakukan dalam 3 gelombang, sejak pukul 07.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Hal yang sama juga terjadi di ujian berbasis online ini di Kota Malang. Server yang macet menyebabkan 160 guru SMP tidak bisa mengikuti tes tersebut.

Kasi Fungsional dan Kependudukan Dinas Pendidikan Kota Malang Jianto mengatakan ke-160 guru SMP yang gagal mengikuti UKG akan dijadwalkan ulang.  “Sesuai rencana, mereka akan mengikuti tes ulang  pada 1 – 10 Oktober nanti,” jelas Jianto, Kamis (02/08/2010).

Kebanyakan guru yang tidak bisa mengikuti UKG adalah guru Matematika dan Bahasa Indonesia. Kebetulan, server yang tidak terkoneksi memang terjadi pada dua mata pelajaran itu. (pur)

(pur)

Iklan

One thought on “Jaringan Lemot, Guru Trenggalek Gagal Uji Kompetensi

  1. Magnificent goods from you, man. I have understand your stuff
    previous to and you’re just extremely wonderful. I really like what you have acquired here, really like what you’re saying and the way in which you
    say it. You make it entertaining and you still care for to
    keep it wise. I cant wait to read far more from you. This is really a great web site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s