50 Prajurit TNI AL Resmi Sandang Baret Ungu

Brigjen TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara sedang menyematkan Baret Ungu

Pasuruan, Sergap – Sebanyak 50 prajurit TNI Angkatan Laut yang merupakan siswa  Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Angkatan ke-31 Korps Marinir resmi menyandang “baret ungu” sebagai anggota Korps Marinir setelah berhasil menyelesaikan pendidikan selama 6,5 bulan di Komando Pendidikan Marinir Kobangdikal.

Upacara penyematan baret ungu kepada 50 prajurit Marinir yang baru tersebut, dilakukan oleh Komandan Pasmar-1, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara mewakili Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) M. Alfan Baharudin di pantai pasir Panjang, Pusat Latihan Tempur TNI AL Grati, Pasuruan, Jawa Timur, Rabu, (1/8/2012).

Dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danpasmar-1, Komandan Korps Marinir mengatakan pendidikan komando merupakan proses pembentukan karakter bagi prajurit Korps Marinir melalui tahapan pembinaan, pelatihan dan penanaman nilai-nilai luhur korps yang harus ditempuh oleh setiap prajurit Korps Marinir.

Lebih lanjut orang nomor satu dijajaran Korps Baret Ungu itu mengatakan, upacara pembaretan yang kita laksanakan ini merupakan salah satu tradisi korps yang mengandung makna bersejarah bagi setiap prajurit Korps Marinir, karena sejak upacara pembaretan ini maka secara resmi berhak menggunakan baret ungu yang menjadi kebanggaan korps sekaligus menjadi keluarga besar Korps Marinir. Selain itu, pemakaian baret ungu Korps Marinir tidak hanya sebagai simbol identitas prajurit, namun mengamanahkan adanya tuntutan untuk selalu menjaga kehormatan dan kebanggaan korps dalam rangka pengabdian kepada negara dan bangsa yang telah menjadi nilai-nilai luhur dan terpatri sebagai jati diri prajurit Korps Marinir.

Telah banyak kebanggaan dan kehormatan yang dicapai oleh Korps Marinir, lanjutnya, yaitu dengan hadir dan tidak pernah absen dalam palagan-palagan pertempuran mulai lahirnya republik ini.

“Sebagai prajurit Korps Marinir, jangan hanya menumpang nama besar yang telah terpatri itu dengan cukup mempunyai kebanggaan, namun sudah semestinya kita baktikan diri kita sehingga Korps Marinir bangga memiliki kita sebagai prajuritnya,” tegas orang nomor satu di jajaran Korps Marinir itu.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Korps Marinir mengucapkan selamat kepada siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Angkatan ke-31 Korps Marinir, atas keberhasilan yang telah diraih dalam melewati tahap demi tahap Pendidikan Komando. Disamping itu, Komandan juga mengharapkan agar ilmu dan pengalaman kemiliteran yang telah diperoleh supaya dijadikan dasar dan bekal dalam melaksanakan tugas serta meniti karier sebagai prajurit Korps Marinir.

Brigjen TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara dalam kegembiraan bersama prajurit Marinir.

Sebelum mengakhiri amanatnya Komandan Korps Marinir menyampaikan beberapa penekanan kepada siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Angkatan ke-31 Korps Marinir dengan harapan dapat dijadikan bekal dalam melaksanakan tugas di kesatuan nanti. Pertama, tingkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan kuat dalam pengabdian kepada bangsa dan negara. Kedua, pegang teguh jati diri prajurit Korps Marinir yang berani, disiplin, pantang menyerah, profesional, dapat diandalkan dan memiliki kebanggaan yang tinggi terhadap korps. Ketiga, tumbuhkan jiwa korsa yang baik, sehingga tertanam persaudaraan yang kuat antar prajurit Korps Marinir maupun dengan prajurit TNI/Polri dan selalu menjalin hubungan dengan komponen bangsa lainnya. Keempat, tumbuhkembangkan kesadaran pribadi untuk mampu menjaga diri agar tidak mudah terjerumus pada kegiatan dan tindakan negatif yang akan mencoreng nama baik Korps Marinir. Kelima, tumbuhkembangkan nilai-nilai luhur dan tradisi-tradisi Korps Marinir dengan baik untuk memupuk pribadi sebagai prajurit matra laut TNI AL yang selalu setia kepada negara dan bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Wadan Kobangdikal Brigjen TNI (Mar) Prang Verry Kunto G, SH, Komandan Kodik Opsla, Laksma TNI Yayat Achmad Hadirat, Komandan Lanmar Surabaya Kolonel Marinir M. Hari, Komandan Kodikmar Kolonel Marinir Hasanudin, Komandan Kolaks Pasmar-1, para Asisten Pasmar-1, dan pejabat TNI/Polri wilayah Pasuruan. (Pen Pasmar-1, Sertu Mar Kuwadi)

Iklan

One thought on “50 Prajurit TNI AL Resmi Sandang Baret Ungu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s