Eddy Rumpoko Terganjal Kasus Dugaan Ijazah Palsu

Eddy Rumpoko

Batu, Sergap – Nasib Calon Walikota Batu incumbent Eddy Rumpoko masih mengambang, tidak menentu. Sementara Pemilukada Kota Batu tinggal 3 bulan lagi. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Batu belum mau menyimpulkan lolos tidaknya Eddy Rumpoko sebagai salah satu calon walikota.

Kabarnya, nasib calon incumbent yang diusung oleh PDIP ini masih menunggu hasil rapat pleno anggota KPUD Kota Batu yang rencananya digelar pada 6 Agustus mendatang.

Anggota KPUD Kota Batu, Supriyanto, mengatakan, masih ada yang harus dilakukan oleh KPUD sebelum mengambil keputusan. “Kami juga masih menunggu kesimpulan dari Dinas Pendidikan Surabaya dan masih harus konsultasi ke KPU Pusat minggu depan,” urai Supriyanto, Sabtu (28/7).

Sebagaimana diberitakan, Jumat (27/7), KPUD Kota Batu mendatangi Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya untuk proses verifikasi dan klarifikasi. Yakni terkait tentang surat keterangan pernah sekolah di SMP Taman Siswa Surabaya yang dikeluarkan oleh pihak yayasan sekolah tersebut.

Tentang hasil pertemuan itu, Supriyanto mengatakan belum dapat disimpulkan. “Pihak Dispendik Surabaya masih melakukan kajian, jadi belum bisa disimpulkan. Kami juga menunggu hasil kajian dari Dispendik Surabaya,” paparnya.

Selain itu, pada hari itu juga KPUD Kota Batu juga melakukan konsultasi ke KPU Jawa Timur. Sempat beredar kabar jika pihak KPU Jawa Timur menyatakan bahwa nasib Eddy Rumpoko sudah bisa diputuskan oleh KPUD Kota Batu. “Tidak benar kabar itu, semua belum bisa diputuskan. Kami hanya konsultasi biasa,” bantah Supriyanto saat disinggung mengenai kabar tersebut.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Supriyanto, bahwa KPUD Kota Batu memaparkan di hadapan KPU Jawa Timur berbagai tahapan yang sudah dilaluinya. Berbagai tahapan itu juga dianggap sudah benar atau sudah sesuai prosedur. “Semua tahapan sudah benar,” ucapnya.

Dikatakannya, keputusan lolos atau tidaknya Eddy Rumpoko sebagai calon peserta pemilukada masih menunggu rapat pleno. Berbagai materi hasil konsulutasi dan klarifikasi menjadi pertimbangan dalam mengambil kebijakan.

Kasus dugaan ijasah palsu Eddy Rumpoko mencuat pada Juni 2010 silam. Saat itu, Polwiltabes Surabaya (sekarang Polrestabes Surabaya) menetapkan Eddy Rumpoko sebagai tersangka dengan dugaan pemalsuan surat keterangan lulus SMP Taman Siswa Surabaya. Surat keterangan lulus itu telah digunakan untuk maju pada Pemilukada 2007 silam.

Dalam perkembangannya saat itu, Kepala Sekolah SMP Taman Siswa Surabaya, Suherminah, mencabut surat keterangan yang pernah dikeluarkannya. Selain itu, dalam proses verifikasi dan klarifikasi yang dilakukan KPUD Kota Batu ke sekolah itu juga menemukan bukti jika dalam bukti induk siswa tidak dapat ditemukan nama Eddy Rumpoko.

Kasus ini sendiri oleh pihak kepolisian sudah dihentikan dengan diterbitkannya Surat Perintah Penghentian Penyelidikan (SP3) beberapa saat lalu. Namun, sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Kota Batu, kembali mengadukan kasus ini ke polisi. (enny)

Berita terkait :

KPUD akan Gelar Pleno Tentukan Nasib Eddy Rumpoko   –   Eddy Rumpoko Bantah Teror Kasek SMP Taman Siswa   –   Kompolnas Soroti SP3 Eddy Rumpoko   –   PDIP: Eddy Rumpoko Tak Bermasalah

Iklan

One thought on “Eddy Rumpoko Terganjal Kasus Dugaan Ijazah Palsu

  1. Ping-balik: Eddy Rumpoko Dicoret Sebagai Calon Walikota « TABLOID SERGAP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s