Sekolah Anti Narkoba Akan Dibangun di Pamekasan

Kadarisman Sastrodiwirdjo

Pamekasan, Sergap – Dusun Asem Pitu Desa Pademawu Barat terpilih sebagai salah satu Kampung Anti Narkoba mewakili Kabupaten Pamekasan.Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Pamekasan memilih Dusun Asem Pitu, Desa Pademawu Barat, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, sebagai salah satu kampung yang secara kongkrit memiliki program terhadap pencegahan masuknya penyalah gunaan narkotika, obat-obatan terlarang dan zat adiktif lainnya atau Kampung Anti Narkoba.

Ketua BNK sekaligus Wakil Bupati Pamekasan Kadarisman Sastrodiwirdjo, Selasa (3/7), mengatakan, dijadikannya dusun tersebut sebagai kampung anti narkoba  mewakili Kabupaten Pamekasan, dengan berbagai pertimbangan, di antaranya dusun itu dianggap mampu membentengi masyarakatnya dari ketergantungan terhadap penyalahgunaan narkoba.

“Jadi, Kampung Anti Narkoba itu konsep dari Jawa Timur, yang intinya kita melakukan pembentengan satu sisi kami juga mempunyai program Sekolah Anti Narkoba atau Sekolah Bebas Narkoba. Jadi sistem pembentengan itu kita perlukan karena BNK ini sesuai dengan bidangnya kan di pencegahan dan sosialisasi dan lain sebagainya, itu latar belakangnya,“ terang Kadarisman Sastrodiwirdjo.

Kampung Anti Narkoba di Dusun Asem Pitu itu, hari Rabu (4/7), mendapat penilaian dari Tim Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Jawa Timur. Ketua Tim BNNP Jatim, Puji Hartono mengatakan, lomba ini digelar untuk mencegah peredaran narkoba di masyarakat. Menurut dia, peredaran narkoba kini tidak hanya ada di perkotaan, namun juga masuk ke pedesaan. ”Lomba ini kita lakukan untuk seluruh Jawa Timur, semoga saja banyak manfaatnya untuk menghentikan meluasnya peredaran narkoba,”  katanya.

Indikator penilaian terdiri dari kelembagaan, struktur organisasi, personalia, sarana-prasarana, program kerja, peran kamtibmas, babinsa, dan kamtrantib. Ditambah partisipasi masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh remaja, serta evaluasi kegiatan.

Untuk mengefektifkan programnya dalam membebaskan peredaran narkoba di Pamekasan, Puji Hartono mengatakan, bahwa  Badan Narkotika Jawa Timur menjajaki pendirian sekolah anti narkoba yang bekerjasama dengan Lembaga Pengkajian dan Penerapan Syariat Islam (LP2SI) di Pamekasan.

Bupati Pamekasan Kholilurrahman, berharap, semangat anti narkoba terus membara. “Ke depan, semoga generasi muda kita bebas narkoba. Utamanya, para kalangan pemuda harus tetap semangat melakukan gerakan anti narkoba. Narkoba adalah musuh kita bersama,” tegasnya.

Selain di Dusun Asem Pitu Desa, Pademawu Barat, Kecamatan Pademawu, BNK Pamekasan juga memprogram adanya 9 kampung  serupa, sehingga seluruhnya nanti berjumlah 10 Kampung Anti Narkoba yang didukung berbagai elemen dalam membendung merambahnya penyalahgunaan narkoba hingga ke desa-desa. (hosni)

NARKOBA MUSUH KITA BERSAMA

Iklan

One thought on “Sekolah Anti Narkoba Akan Dibangun di Pamekasan

  1. Hello! Do you know if they make any plugins to assist with
    SEO? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m
    not seeing very good gains. If you know of any please share.
    Cheers!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s