Surabaya Juga Punya Bus Khusus Wanita

Petugas sedang menempel stiker Bus Khusus Wanita

Surabaya, Sergap – Salah satu program Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk mewujudkankan bus khusus untuk wanita akhirnya terlaksana. Bus khusus wanita ini dibuat dengan desain warna yang mencerminkan wanita, perpaduan antara pink dan biru langit. Saat ini puluhan bus khusus perempuan ini telah disiapkan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya, Eddi, Amd LLAJ, S. Sos, MM menjelaskan rute bus perempuan ini meliputi Terminal Purabaya hingga Terminal Tanjung Perak melewati Jl. A.Yani, Wonokromo, Darmo, Urip Sumoharjo, Basuki Rahmat,Tunjungan ke arah Perak.

“Alasannya, jalur ini dipilih lantaran banyak penumpang wanita yang akan menggunakan jasa bus tersebut. Untuk saat ini tersedia 4 Unit bus yang siap dioperasikan, dan jika animo masyarakat puas dengan pelayanan ini kemungkinan akan ditambah sesuai kebutuhan,”katanya, Senin (02/07/2012).

Tiap trayek dari terminal Bungurasih hingga Oso Wilangun, akan ada satu bus khusus wanita tiap satu jam. Rencananya, untuk mencegah terjadinya rawan tindak kriminalitas dan pelecehan terhadap wanita . “Sopir dan kondekturnya juga akan diisi oleh wanita”, tambahnya. Namun, langkah masih dimusyawarahkan kembali dan memang tidak gampang serta keterbatasan sopir dan kondektur wanita.

“Agar tak dicegat penumpang laki laki, Dishub juga menambahkan gambar wanita di bagian kiri dan kanan bus sehingga ada perbedaan dengan bus umum,” katanya. Tarif angkutan bus, dikenakan Rp 4 ribu per orang di halte yang sudah ditentukan di jalan utama.

Namun diduga akibat sosialisasi yang belum optimal, bus tersebut masih belum banyak dinaiki oleh penumpang.  Di terminal Ujung, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, misalnya, hanya ada dua penumpang wanita yang menaiki bus tersebut. Namun karena jadwal pemberangkatan sudah ditetapkan pukul 16.00 WIB, akhirnya bus tersebut terpaksa berangkat dengan dua orang penumpang itu. Padahal, petugas sudah memasang stiker petunjuk bahwa bus tersebut khusus wanita.

Kepala sub bagian Pengawasan, Perum Damri Surabaya, Herry Suwantono menyadari banyak warga yang belum tahu tentang adanya bus khusus itu. “Tapi saya yakin, ke depan bus tersebut akan penuh jika masyarakat sudah paham,” katanya. (angga)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s