Jelang Pemilukada Bojonegoro, Incumbent Masih Berhitung

illustrasi

Bojonegoro, Sergap – Pemilukada di Kabupaten Bojonegoro tinggal menghitung hari. Hanya tinggal 146 hari lagi perhelatan untuk memilih kepala daerah ini akan digelar. Namun hingga kini, Bupati Incumbent Suyoto masih juga belum mau ‘buka mulut’ tentang maju atau tidaknya dia sebagai kandidat calon Bupati kembali.

Demikian pula Wakil Bupati, Setyo Hartono, yang kini menjabat sebagai Ketua DPC Partai Gerindra, Sabtu (09/06/2012) kepada wartawan mengatakan belum tahu, apakah dirinya akan maju ataukah tidak. “Belum tahu pak. Saya masih mempersiapkan untuk Pileg DPR RI. Sambil melihat perkembangan politik di Bojonegoro dan melihat peluang dalam pilkada,” katanya.

Kabarnya, Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro yang menang Pilkada tahun 2007 yang diusung koalisi PAN, PPP, dan PNBKI itu, dikabarkan bakal maju lagi dalam Pilbup Bojonegoro mendatang. Namun, belum diketahui apakah keduanya akan kembali berpasangan atau tidak.

Calon lainnya yang bakal maju dalam Pilkada Bojonegoro juga sedang memegang jabatan. Di antaranya, Thalhah, Ketua DPRD Bojonegoro yang dicalonkan Partai Golkar; Ali Mahmudi, anggota DPRD Bojonegoro yang diusung PKS; Sukur Priyanto, Wakil Ketua DPRD Bojonegoro yang diusung Partai Demokrat; Nafik Sahal, anggota DPRD Bojonegoro yang diusung PKB dan Budi Irawanto, anggota DPRD Bojonegoro yang diusung PDI Perjuangan.

Sementara itu Kades Plesungan Kec. Kapas, M Choiri juga sudah mengadakan roadshow ke berbagai daerah dengan memakai bendera NU, karena selama ini sudah ada komitmen antara pengurus NU Jatim dengan M Choiri untuk mengusungnya menjadi Bupati Bojonegoro. Untuk diketahui, bahwa M Choiri diusung oleh PKNU, PPP dan Partai Hanura. Ia juga melamar lewat PDIP, namun rekom PDIP masih dalam proses rekomendasi.

Yang menarik, muncul pula nama mantan Bupati Tuban, Ny. Haeny Relawati Rini Widyastuti, juga disebut-sebut sebagai calon wakil bupati (bacawabup) yang akan digandeng oleh bacabup yang ingin menjadikannya sebagi icon baru. Hanya saja, sampai sejauh ini belum diperoleh konfirmasi pasti.

Wacana munculnya Ny. Haeny, sesungguhnya sudah mulai disebut-sebut oleh masyarakat di akar rumput pasca lengsernya Bupati Tuban dua periode ini. Ada impian warga Bojonegoro agar pencapaian Ny. Haeny semasa menjadi Bupati Tuban, terutama di bidang infrastruktur jalan pedesaan, bisa dikembangkan di Bojonegoro.

Akan Habiskan Rp. 31 Milyar Uang Rakyat

Tetapi, kemungkinan bisa tidaknya Ny. Haeny ‘mencoba’ Pemilukada Bojonegoro 2012 di kota tetangga terwujud masih sebuah tanda tanya besar.

Pelaksanaan Pilkada di Bojonegoro akan dibayar mahal oleh dana yang digali dari hasil keringat rakyatnya. Pasalnya, kebutuhan KPUD untuk pelaksanaannya secara keseluruhan dengan perhitungan dua putaran akan “mengeruk” uang APBD sebesar Rp 31 miliar.

Kepala Bakesbang Linmas Bojonegoro, Luqman Wafi, pada Sabtu (21/4) mengatakan, bahwa untuk tahap awal pihaknya akan ikut memverifikasi dana awal Pemilukada yang akan dilaksanakan pada 10 November 2012 ini sebesar Rp 20 miliar. Sedangkan kebutuhan KPUD untuk dua putaran sebesar Rp 31 miliar.

“Yang jelas, dana tersebut adalah dana hibah. Sedangkan KPUD nantinya juga harus membuat Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) terkait dengan dana yang telah dikeluarkan,” tandas Luqman.

Begitu juga untuk kebutuhan Bakesbang Linmas, nantinya ada sekitar kurang lebih Rp 2 miliar. Dana sebesar itu untuk biaya keamanan, seperti keamanan lingkungan masyarakat yang dulu dikenal dengan Hansip mulai dari pelosok Desa yang ada TPSnya hingga sampai di perkotaan dan serta kebutuhan lainnya,” pungkas Luqman. (monop/sule)

Berita terkait :
PAN Bojonegoro Usung Suyoto Maju Pilkada
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s