HUT dan RUPS PT. Gudang Garam, Tbk 2012

Konferensi pers RUPS PT Gudang Garam Tbk

Kediri, Sergap – Salah satu produsen rokok terbesar di Asia Tenggara, PT Gudang Garam Tbk, Kediri, Jawa Timur, menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada hari Rabu (27/6). Rapat antara lain akan mengambil keputusan soal pembagian dividen tunai pada tahun buku 2011.

Wakil Kepala Bidang Hubungan Masyarakat PT Gudang Garam, Yuki Prasetyoadi mengungkapkan RUPS diselenggarakan di Hotel Grand Surya Kediri. Rapat dihadiri sejumlah direksi dan dan pemegang saham. Pada RUPS 2010, Gudang Garam membagikan dividen tunai pada tahun buku 2011 sebesar Rp 1.924.088.000.000,-

Angka tersebut lebih besar daripada dividen 2010 yang hanya Rp 1.693.197.440.000,- “Besar dividen itu telah disepakati dan diterima oleh pemegang saham, yaitu Rp. 880 per saham. Nominal itu memang lebih besar daripada 2009 lalu yang hanya Rp. 650 per saham”, kata Yuki menjelaskan.

Tingginya dividen yang diperoleh Gudang Garam itu dipengaruhi banyak faktor. Antara lain turunnya “selling cost” dan biaya nonperasional yaitu biaya pinjaman. Volume peningkatan itu mencapai 5 persen.

Perhitungan tersebut diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Siddharta dan Widjaja. Mereka memberikan tanggung jawab sepenuhnya kepada anggota direksi dan para anggota Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan-tindakan serta pengawasan sejauh hal itu tercermin dalam neraca perhitungan laba rugi yang dimaksud.

Di waktu hampir bersamaan, Gudang Garam juga merayakan ulang tahun ke-54 yang jatuh pada 26 Juni 2012. Sejumlah kegiatan diselenggarakan di antaranya turnamen olahraga antar karyawan, pagelaran kesenian wayang kulit, bakti sosial berupa donor darah, dan beberapa kegiatan lainnya. Panitia juga mengundang sejumlah artis ibukota untuk memeriahkan acara. Kegiatan itu dihadiri langsung 17.000 undangan yang terdiri dari 34.850 karyawan, jajaran direksi, serta tamu undangan lain.

Heru Budiman, salah satu direktur usai RUPS juga menjelaskan bahwa  PT GG Tbk kini telah memiliki anak perusahaan seperti Surya Air yang bergerak di bidang angkutan cargo udara, namun GG tetap berkomitmen untuk terus berkonsentrasi pada bisnis utama usaha rokok.

Surya Air masih melayani penerbangan tidak terjadwal untuk memenuhi kebutuhan angkutan sendiri dengan armada helikopter. “Keberadaan Surya Air tidak membuat PT GG mengembangkan diversifikasi dari bisnis utama rokok,”  tandasnya.

Salah satu upaya berkonsentrasi pada usaha utama rokok terlihat dari mulai diserahkannya pengelolaan Balai Kesehatan kepada pihak ketiga atau outsorching. “Pengelolaan dan pelayanan balai kesehatan akan lebih baik jika di outsorching,” ungkapnya.  “Klinik sekarang dikelola pihak yang memang ahlinya. Selain itu, pelayanannya bisa semakin menjangkau sampai tempat tinggal karyawan berada baik siang ataupun malam,” tambahnya.

Hasil RUPS juga menerima pengunduran diri Edijanto dari jabatannya selaku direktur perseroan. Selain itu mengangkat tiga anggota direktur baru perseroan yakni Istata Sidharta, Ginawati dan Sony Sasono Rahmadi.

Sementara susunan pengurus yang baru di jajaran Dewan Komisaris, Presiden Komisaris (Preskom) Juni Setiawati Wonowidjojo serta tiga Komisaris Independen masing-masing, Yudiono Muktiwidjojo, Frank Willem van Gelder dan Lucas Mulia Suhardja.

Sedangkan di jajaran direksi Presiden Direktur (Presdir) Susilo Wonowidjojo serta anggota Direksi, masing-masing terdiri Heru Budiman, Herry Susianto, Buana Susilo, Fajar Semeru, Istata Taswin Sidharta, Ginawati dan Sony Sasono Rahmadi.

Perusahaan rokok yang didirikan oleh Surya Wonowidjojo pada tahun 1958 ini terus mengalami peningkatan produksi. Tahun 2011 ini ada peningkatan hingga 700 juta batang rokok daripada tahun sebelumnya, yaitu menjadi 68, 6 miliar batang. Namun demikian jumlah ekspor malah menunjukkan tren penurunan, yaitu dari 6,4 miliar batang pada tahun 2010 menjadi 6,1 miliar batang pada tahun 2011. (dicky/pur)

Iklan

2 thoughts on “HUT dan RUPS PT. Gudang Garam, Tbk 2012

  1. I loved as much as you will receive carried out right here.
    The sketch is tasteful, your authored subject matter stylish.
    nonetheless, you command get got an edginess over that you wish
    be delivering the following. unwell unquestionably come further formerly again as exactly the same nearly a lot often inside case you shield this
    hike.

  2. Ping-balik: RUPS PT Gudang Garam Tbk Tahun 2013 dan HUT Ke 55 | TABLOID SERGAP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s