Jalur Lintas Selatan Sudah Nyambung Malang-Pacitan

Jembatan Bajulmati di Jalur Lintas Selatan

Surabaya, Sergap – Mega proyek pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) terus dikebut. Pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten yang dilintasi JLS, kini fokus pada penyelesaian menyambungkan jalur Pacitan-Malang.

Kepala Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksana Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Jatim, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (B2PJN) V, Kementerian Pekerjaan Umum, Ir Siswo Dwiyanto, MT mengatakan, terbatasnya anggaran setiap tahunnya, membuat pelaksana proyek melakukan sejumlah prioritas agar proyek terus berjalan. Di antaranya prioritas wilayah yang digarap, kesiapan lahan oleh daerah serta fungsi jalan. Dipilihnya prioritas itu agar jangan sampai ketika jalan dibangun, ternyata tidak bisa menggerakkan ekonomi warga sekitarnya.
Panjang jalan di ruas Kabupaten Pacitan hingga Kabupaten Malang sekitar 496,36 km dari total panjang JLS yang mencapai 618 Km mulai dari Banyuwangi hingga Pacitan. Berdasarkan feasibility study (FS), jalur Pacitan–Malang terdiri atas 10 ruas jalan. Ruas jalan itu adalah Pacitan–Glonggong (40,82 km), Pacitan–SPG 160.1 (31 km), Pacitan–Jarakan (116 km), Panggul– Prigi (56 km), dan Prigi-Batas Trenggalek (10,80 km). Selain itu ada ruas jalan Batas Trenggalek–Blitar (41,10 km), Batas Blitar–Batas Malang (62,45 km), Batas Malang–Sendangbiru (60 km), Talok–Druju–Sendangbiru (41,51 km), dan Turen–Batas Lumajang (36,68 km).
Pada tahun 2012, APBD Jawa Timur mengalokasikan lagi Rp 50 miliar untuk menambah 10 jembatan. Lima jembatan baru bakal ada mulai Tulungagung sampai Jember. Serta lima lagi mulai Tulungagung, Blitar dan Kabupaten Malang. “Anggaran 2012 difokuskan untuk pembangunan jalan,” katanya.
Menurutnya, dari 618 Km, sebanyak 6 Km dipakai untuk jembatan. Jumlah jembatan saat ini masih selesai 30 persen. Lebar jembatan sekitar 7 km untuk dua jalur dilengkapi trotoar. Sedang jalan yang sudah beraspal 14 persen.
Salah satu kendala besar pembangunan JLS adalah izin pemakaian lahan milik Perhutani. Dari total panjang JLS Jatim 618,8 km, sepanjang 265,82 km di antaranya milik Perhutani. Bahkan, jika dipersentasekan jumlahnya mencapai 42,40%. Pada 2010 lalu, persoalan izin pakai lahan milik Perhutani ini sudah dapat diselesaikan.
Dari 42,40% persen itu, baru 50 persen yang lahannya sudah terbuka. Gubernur pada Oktober lalu telah mengajukan permohonan kepada pemerintah pusat terkait pendanaan JLS agar bisa cepat tuntas.
Tahun 2012, Pakde Karwo mengusulkan anggaran APBN untuk percepatan pembangunan jalan senilai Rp 660 miliar. Jika disetujui, anggaran itu bisa membantu menyelesaikan kekurangan. Sejak mulai digarap pada 2002 lalu, JLS hingga 2012 nanti akan menghabiskan anggaran Rp 1 triliun.
Sesuai perhitungan awal, pembangunan jalan dan jembatan bisa selesai tuntas butuh dana Rp 7,5 triliun. Diperkirakan juga bisa lebih dengan perhitungan inflasi. Dengan anggaran itu, jika anggaran tidak terlalu banyak, untuk menuntaskan JLS perlu waktu 60 tahun.
Membengkak
Proyek JLS dimulai sejak 2002. Proyek ini seharusnya sudah tuntas 2012. Tetapi hingga saat ini pembangunannya belum sampai 50 persen. Pembiayaan proyek JLS ini melalui sharing antara pemerintah kabupaten, provinsi, dan pemerintah pusat.
Delapan kabupaten yang dilintasi JLS mempunyai tugas melakukan pembebasan lahan, antara lain Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi. Pemprov Jatim bertanggung jawab melakukan pembukaan lahan, fondasi jalan, dan pembangunan jembatan. Terkait pendanaan, estimasi awal biaya pembangunan JLS secara total adalah Rp 3,5 triliun yang kini diperkirakan membengkak menjadi Rp 7,7 triliun. (angga)

Berita terkait :
Pembangunan Jalan Lintas Selatan di Jatim Ditargetkan Selesai 2014
Iklan

2 thoughts on “Jalur Lintas Selatan Sudah Nyambung Malang-Pacitan

  1. Ping-balik: Jalur Lintas Selatan Malang-Pacitan 2012 | Taman Rusa Residence

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s